Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, akan merekrut sebanyak 369 anggota panitia pemungutan suara (PPS) untuk penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Masing-masing desa sebanyak 3 anggota PPS sehingga dari 123 desa di 11 kecamatan di daerah ini akan merekrut sebanyak 369 anggota PPS," kata Ketua KPU Gorontalo Utara Munawir Ismail, di Gorontalo, Kamis.

Saat ini, papar dia, pihaknya tengah berkonsentrasi pada tahapan penelitian berkas sebagai syarat dokumen pendaftar yang akan menjadi anggota PPS.

Hasilnya kata dia, akan diumumkan pada 6 hingga 8 Januari 2023. "Kita berharap tahapan ini berlangsung lancar dan sukses," katanya.

Ia menjelaskan pembentukan Badan Ad Hoc Pemilu 2024 atau PPS ini diperuntukkan bagi masyarakat umum. Tahapan ini telah diumumkan melalui beragam platform yang mudah dijangkau, termasuk masyarakat yang sempat mengikuti rekrutmen panitia pemilihan kecamatan (PPK) namun gagal dalam tahap seleksi, tetap bisa mengikuti rekrutmen anggota PPS.

Ia berharap kelengkapan Badan Ad Hoc hingga di tingkat desa ini dapat terpenuhi. Khususnya berhasil memilih sumber daya manusia (SDM) penyelenggara pemilu yang profesional dan berintegritas dalam menyukseskan Pemilu 2024.

"Kita memelihara komitmen yang kuat ditunjang dengan SDM andal, profesional, kuat, dan berintegritas dalam menyukseskan seluruh tahapan pemilu khususnya di daerah ini," imbuhnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023