Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo mengeluarkan rekomendasi tentang langkah-langkah pencegahan penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD), yang lagi marak di daerah itu.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dan Penyehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Arifasno Napu, Kamis, mengatakan, rekomendasi mengenai pencegahan DBD yaitu pemberantasan sarang nyamuk (PSN) minimal seminggu sekali sepanjang masa.

Perlu mengaktifkan kembali pemantau-pemantau jentik nyamuk, itu bisa dilakukan dengan pembelajaran di tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

"Kemudian juga bagaimana di tingkat Puskesmas dapat melakukan penyuluhan-penyuluhan di tempat umum maupun di kantor kelurahan, sekolah, rumah ibadah atau sarana lainnya oleh kader atau para petugas kesehatan," katanya,

Selain itu Arif juga mengatakan, jika akan melakukan fogging (pengasapan) harus dipastikan apakah keputusan itu telah sesuai kriteria.

Jika terindikasi untuk difogging maka harus diawali dengan PSN untuk semua wilayah kasus dengan radius kurang lebih seratus meter.

"Dengan sangat hormat juga kami menginginkan ada keterlibatan dari sektor-sektor lain seperti sektor Pekerjaan Umum, sektor Lingkungan Hidup dan sebagainya," ujarnya.

Sektor-sektor lain itu tentunya bagaimana proses pembangunan gedung-gedung, selokan-selokan turut memperhatikan kondisi lingkungan, sehingga tidak menimbulkan genangan air dan tidak menjadi sarang jentik nyamuk.

"Tentunya ini perlu kerja sama yang terintegrasi antar sektor-sektor terkait," kata Arif.

Yang terakhir, Arif mengatakan, perlu memaksimalkan kembali kegiatan klinik sanitasi di tiap-tiap Puskesmas yang dapat bekerja sama secara terintegrasi dengan program, sektor dan profesi lainnya dalam rangka meningkatkan kualitas percepatan pembangunan sanitasi pemukiman (PPSP).

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016