Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Gorontalo menggelar pameran edukatif dalam rangka memeriahkan peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2023.

Pameran tersebut diikuti oleh sejumlah perusahaan dan instansi terkait lainnya dan digelar selama tiga hari di Ballroom Hotel Damhil, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo

Pelaksana tugas Kepala Dinas Nakertrans dan ESDM Provinsi Gorontalo, Rugaiyah Biki, Jumat, menjelaskan kegiatan itu merupakan langkah preventif dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja pada perusahaan maupun dunia industri.

Pameran tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan, dalam penerapan keselamatan dan kesehatan kerja di perusahaan.

"Kegiatan ini sangat strategis dan sekaligus membuktikan bahwa pemerintah hadir dalam rangka melindungi tenaga kerja yang ada di perusahaan maupun dunia industri yang ada di Gorontalo," ucap Rugaiyah.

Selain pameran, kata dia, juga digelar lomba peragaan busana dan senam pekerja sehat. Peragaan busana yang ditampilkan pada lomba Bulan K3 tahun 2023 adalah Alat Pelindung Diri (APD) yang wajib digunakan oleh setiap pekerja dalam aktivitas mereka di perusahaan berdasarkan regulasi yang telah ditetapkan.

Ia mengungkapkan pameran edukatif itu bukan seremonial semata. Tetapi diharapkan bisa berdampak pada menurunnya angka kecelakaan kerja di Gorontalo yang dalam kurun waktu tiga tahun terakhir mencapai 388 kasus.

"Melalui peringatan Bulan K3 tahun ini kita bertekad dan berusaha untuk mewujudkan budaya K3 di setiap lingkungan perusahaan," pungkas Rugaiyah.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023