Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menemui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno untuk membahas pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di gedung Sapta Pesona, Jakarta.

"Sekaligus memohon dukungan penuh pak menteri dalam pelaksanaan Festival Pesona Danau Limboto (FPDL) tahun 2023," ucap Nelson, Kamis.

Ia menjelaskan, dukungan tersebut dibutuhkan mengingat pada tahun 2023 ini, Festival Pesona Danau Limboto kembali masuk dalam daftar Kharisma Even Nusantara (KEN).

"Tahun ini ada 110 iven pariwisata terbaik yang berhasil masuk dalam program KEN, salah satunya Festival Pesona Danau Limboto," ujar Nelson Pomalingo.

Untuk dapat masuk ke dalam daftar KEN Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kata Nelson, bukan hal yang mudah. Banyak tahapan dan penjurian dari tim kurator yang harus dijalani.

"Karena kita bersaing secara nasional dengan provinsi lain," beber dia.

Nelson mengungkapkan, FPDL digelar dalam rangka mempromosikan destinasi wisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal yang diharapkan memberikan dampak positif pada ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan.

"Masuknya kembali dalam program KEN tentunya akan mendapatkan dukungan, baik dari segi anggaran, promosi dan lainnya. Inilah yang kita bahas dengan pak Menteri," kata dia, lagi.

Melalui pertemuan itu juga, Bupati Gorontalo mengundang Sandiaga Uno untuk dapat datang ke Kabupaten Gorontalo.

"Kita undang beliau dalam kegiatan peluncuran 10 kegiatan program KEN Gorontalo Gemilang 2023, pameran UMKM dan pembukaan kawasan wisata maritim nanti," pungkas Nelson.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023