Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia (BI) atas kerja samanya dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam membangun ekonomi di daerah tersebut.

"Bank Indonesia sejak saat berdiri telah banyak memberikan sumbangsih," ucap Hamka pada pengukuhan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw) Provinsi Gorontalo di Kota Gorontalo, Jumat.

Hamka menyebut bahwa Bank Indonesia merupakan mitra strategis dalam hal pertumbuhan ekonomi, pengendalian inflasi, dan peningkatan transaksi digital. Selain itu Bank Indonesia juga berhasil mendorong pengembangan UMKM.

Gubernur Hamka menyampaikan tiga pesan penting kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Gorontalo. Pertama, Pemerintah Daerah siap bersinergi dan berkoordinasi dengan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo guna mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Gorontalo.

Pesan yang kedua yaitu, digitalisasi sebagai alat pembangkit perekonomian diharapkan untuk dapat ditingkatkan inovasi dan kreatifitas nya guna membangun perekonomian khususnya untuk pengembangan UMKM.

Sedangkan pesan ketiga yaitu, Bank Indonesia telah berkontribusi positif nyata dalam pengembangan ekonomi di Gorontalo serta telah menjadi mitra pemerintah daerah dalam membangun perekonomian.

"Saya berharap bahwa kemitraan yang sudah terjalin agar dapat dioptimalkan lebih baik lagi ke depan," ucap Hamka.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo mengapresiasi Gubernur Provinsi Gorontalo beserta jajaran atas capaian pengendalian inflasi dan komitmen penuh dalam hal mendorong UMKM untuk naik kelas.

Menurut Dody, Bank Indonesia akan senantiasa berkomitmen untuk menjaga kepercayaan guna terus melakukan inovasi dan sinergi dalam rangka mewujudkan transformasi ekonomi di negeri ini.

Ia juga menyampaikan beberapa hal yang diperlukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Diantaranya adalah pentingnya menjaga stabilitas dan ketahanan pangan.

Kemudian, pentingnya kebangkitan ekonomi dan prospek yang mana ekonomi harus dibangun dengan investasi. Serta diperlukan juga adanya inklusifitas ekonomi melalui pengembangan UMKM.

Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer (kanan) berbincang dengan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo (tengah) pada pengukuhan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw) Provinsi Gorontalo di Kota Gorontalo, Jumat (10/3/2023). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023