Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo, mulai menggelar sejumlah event olah raga dalam rangka menyambut kejuaraan Asian Minifootball 2023 yang akan bergulir Agustus nanti.

Diantaranya, kontes Bina raga se-Indonesia Timur yang mulai digelar Sabtu (11/3) di pusat perbelanjaan di Kota Gorontalo.

"Bina raga atau body contest ini menjadi side event road to AMFC 2023 di mana Gorontalo dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan Asian Minifootball Championship 2023," kata Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer, di Gorontalo, Sabtu, membuka kontes tersebit.
 
Kontes bina raga diinisiasi oleh Fit and Art Community bekerjasama dengan pemerintah provinsi dan KONI Gorontalo.

Ajang aktualisasi diri pecinta bentuk otot itu diikuti perwakilan atlet dan juri se-Indonesia Timur.

Staf Ahli Menteri Pemuda dan Olah raga Bidang Budaya Sportivitas itu, mengatakan, olahraga Gorontalo diarahkan bukan saja untuk melahirkan atlet berprestasi.

Namun olahraga harus mampu mendukung ekosistem pariwisata dan perputaran ekonomi di daerah. Melalui event ini diharapkan dapat bersama-sama mempromosikan Gorontalo dari segi pariwisata dan budaya.

"Kita ketahui bersama pariwisata Gorontalo sangat beragam dan sayang apabila tidak dikunjungi," katanya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Gorontalo, Wahyudin Katili menjelaskan, kontes bina raga sebagai bagian dari promosi wisata.

Sebelumnya juga sudah digelar turnamen Gateball yang diikuti perwakilan tujuh provinsi.

"Kami pun menerima informasi Pak Gubernur, Ikatan Motor Indonesia dan IOF mungkin dalam waktu dekat akan melaksanakan beberapa event regional yang mengundang peserta dari regional Sulawesi," kata Wahyu.

Pihaknya menyadari geliat olahraga tidak bisa hanya digerakkan oleh pemerintah, semua elemen termasuk organisasi olahraga, komunitas dan atlet perlu mendorong turnamen berskala regional dan nasional. Pada gilirannya konsep “sport tourism” bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023