Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mendukung pemerintah daerah setempat, untuk senantiasa meningkatkan pembangunan di wilayah perbatasan.

"Langkah ini sangat strategis dan mencegah konflik perbatasan dengan daerah tetangga. Mengingat tingginya perhatian pemerintah daerah terhadap pembangunan di wilayah perbatasan yang menjadi bagian utuh daerah ini," kata Wakil Ketua DPRD, Roni Imran, di Gorontalo, Minggu.

Ia mengatakan, bersama Komisi I DPRD, melakukan kunjungan spesifik di wilayah perbatasan bagian barat tersebut, di Kecamatan Tolinggula, yang berbatasan dengan wilayah Palele, Provinsi Sulawesi Tengah.

"Kami turun memastikan kondisi masyarakat di wilayah perbatasan dalam kondisi baik. Bertatap muka dengan warga, pemerintah desa dan kecamatan. Serta memastikan pelayanan publik di wilayah ini, dapat diakses dengan mudah dan kapan saja. Ditunjang sarana prasarana pelayanan pemerintahan daerah di desa dan kecamatan, juga layanan kesehatan yang diperlukan," katanya.

DPRD memberi dukungan penuh kepada pemerintah daerah untuk terus meningkatkan infrastruktur di wilayah perbatasan.

Bahkan katanya, hal itu perlu menjadi prioritas, sebagai bentuk perhatian penting yang diharapkan masyarakat agar dapat dinikmati dengan mudah, meski wilayahnya berada di perbatasan yang jauh dari pusat pemerintahan daerah.

Akses jalan desa pun diharapkan terus ditingkatkan, khususnya infrastruktur yang akan memudahkan transportasi publik dalam mengangkut produksi pertanian, perkebunan hingga peternakan.

"DPRD akan intensif turun di wilayah perbatasan, juga pelosok desa untuk memastikan fungsi pengawasan terhadap jalannya pembangunan daerah. Kami pun mendukung upaya pemerintah daerah dalam peningkatan infrastruktur publik yang sangat diperlukan masyarakat," jelasnya. ***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023