Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, meminta pemerintah kabupaten (pemkab) setempat memantau ketersediaan stok elpiji dan BBM jelang lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 agar tetap aman.

"Stok elpiji khususnya 3 kilo gram bersubsidi harus dipastikan aman, termasuk BBM. Pasokan wajib dipastikan lancar agar publik tidak resah," kata Ketua DPRD Gorontalo Utara, Deisy Sandra Maryana Datau, di Gorontalo, Senin.

Ia berharap, pasokan elpiji dan BBM yang acapkali mengalami peningkatan permintaan di setiap perayaan hari besar keagamaan tetap terkendali. Meski pemkab perlu melalukan antisipasi dini untuk mengatasi kekosongan stok.

"DPRD pun akan ikut memantau kesiapan stok, disamping turut melakukan pengawasan terhadap jalur distribusi di wilayah kecamatan, termasuk sasaran penerima manfaat khusus elpiji subsidi," kata Deisy.

Pantauan secara spesifik pun diminta dilakukan di wilayah perbatasan untuk mencegah kerawanan penyaluran stok elpiji subsidi ke daerah lain.

"Pemkab perlu melakukan pengawasan ketat sebab kerentanan itu bisa terjadi. Kita berkaca pada pengalaman sebelumnya," kata Deisy pula.

Politisi Fraksi PDIP itu menambahkan, dengan pengawasan ketat dipastikan stok elpiji maupun bahan bakar minyak (BBM) untuk daerah ini aman.

"Saya berharap tingginya aktivitas konsumtif masyarakat pada hari raya Idul Fitri tidak akan mempengaruhi stok elpiji dan BBM untuk daerah ini. Sepanjang kuota, distribusi dan sasaran penerima manfaat tepat, kita pastikan keperluan untuk daerah ini tetap terpenuhi," katanya.

Sekretaris Daerah Pemkab Gorontalo Utara, Suleman Lakoro memastikan, pantauan stok elpiji dan BBM tetap dilakukan optimal setiap pekan.

"Kita memastikan seluruh pangkalan tersebar di 11 kecamatan tetap menerima distribusi sesuai kuota yang diperlukan. Termasuk di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) juga diyakini tidak akan mengalami kekosongan stok mengingat dua diantara yang tersedia di daerah ini yaitu di SPBU Pontolo dan Atinggola, berada di perlintasan Sulawesi. Sehingga pasokan BBM harus tetap lancar," kata Suleman.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023