Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, membangun pos pengamanan di Puncak Pontolo, Desa Pontolo, Kecamatan Kwandang, sebagai pos pelayanan terpadu mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah/2023.

"Kami telah berkoordinasi dengan pihak Polres untuk pembangunan pos pelayanan ini, juga memastikan penempatan petugas dari Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) serta petugas puskesmas terdekat bekerja sama dengan pihak TNI dan Polri," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Gorontalo Utara, Suleman Lakoro, di Gorontalo, Kamis.

Ia mengatakan, Puncak Pontolo yang ada di perbatasan dengan Kabupaten Gorontalo tersebut, strategis sebagai lokasi pos pelayanan. Mengingat lokasi tersebut merupakan perlintasan utama dari dan ke wilayah Kota Gorontalo.

Disamping itu, kata Sekda, Puncak Pontolo sering menjadi tempat singgah para pelintas termasuk dipastikan pemudik yang akan melintasi wilayah ini. Sehingga pos pelayanan sekaligus pengamanan akan ditempatkan pula di lokasi ini sejak H-7 hingga H+7 lebaran Idul Fitri.

"Rencananya hari Senin (17/4/2023), kami akan meninjau lokasi untuk segera membangun pos pelayanan tersebut," kata Sekda.

Ia mengatakan Puncak Pontolo memerlukan perhatian khusus sebab sebagai lintas Sulawesi utama di kabupaten tersebut, kerawanan kecelakaan lalu lintas ada di puncak tersebut.

"Seringkali, kendaraan berbadan besar maupun bermuatan banyak, mengalami oleng akibat lintas Pontolo tergolong sangat ekstrem. Beberapa titik memiliki tanjakan dan tikungan tajam sehingga pengendara harus ekstra hati-hati dan memiliki keahlian untuk melintasi jalur ini," katanya pula.

Ia berharap, lintas Sulawesi jalur Puncak Pontolo senantiasa aman dilalui dan pengendara khususnya pemudik dapat memanfaatkan pos pelayanan yang ada untuk singgah dan beristirahat.*

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023