Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer resmi menjadi Ketua Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Gorontalo.

Pengukuhan yang Ketua KDEKS Gorontalo itu dihadiri langsung Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin itu, wakil ketua KDEKS Gorontalo terdiri dari Ketua MUI, Ketua ICMI, Ketua Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama, dan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Gorontalo.

Kepengurusan KDEKS Gorontalo juga dilengkapi dengan direktur eksekutif dan lima direktorat yang terdiri dari unsur pemerintah daerah, kementerian dan lembaga, Bank Indonesia, perguruan tinggi, asosiasi profesi, dan organisasi sosial kemasyarakatan.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Wapres Ma’ruf Amin yang telah hadir di Provinsi Gorontalo. Ini pertama kalinya Bapak Wapres hadir di daerah kami Serambi Madinah, matoduwolo (selamat datang pak). Kami punya komitmen KDESK Provinsi Gorontalo untuk mendukung dan mewujudkan Indonesia sebagai pusat produsen alam di tahun 2024," ucap Hamka.

Ia menyampaikan dalam SK Gubernur Gorontalo disebutkan bahwa KDESK memiliki empat fungsi, diantaranya pemberian rekomendasi arah kebijakan dan program strategis pembangunan daerah di sektor ekonomi dan keuangan syariah, pelaksanaan koordinasi, sinkronisasi, dan sinergitas penyusunan serta pelaksanaan kebijakan pada program strategis ekonomi dan keuangan syariah di Gorontalo.

Sebelumnya Wapres Ma’ruf Amin menyebut pembentukan KDEKS merupakan salah satu infrastruktur pendukung dalam pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah.

Menurut Wapres, harus diketahui bahwa ekonomi dan keuangan syariah adalah inklusif, yang artinya tidak hanya untuk orang Islam tetapi untuk semua. Banyak nasabah – nasabah bank syariah yang non Muslim.

"Aktivitas bisnis dan ekonomi dalam keuangan syariah dapat dipraktekkan oleh siapa saja, terlepas dari agama yang dianut," ucapnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023