Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Thariq Modanggu, mengatakan, kondisi arus mudik di dua pelabuhan yang ada di wilayah itu, dalam kondisi aman dan terkendali jelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah/2023.

"Saya menerima laporan dari pihak Dinas Perhubungan, terkait kesiapan pelabuhan dan armada, juga keamanan untuk arus mudik di dua pelabuhan yang ada, khususnya jelang lebaran Idul Fitri tahun ini," kata Bupati Thariq, di Gorontalo, Rabu.

Ia menjelaskan, data pihak Dinas Perhubungan Kabupaten, menyebut, kondisi arus mudik di Pelabuhan Nusantara Kwandang, didukung dengan kesiapan pelayanan tol laut.

Beberapa armada pendukung arus mudik dan balik dari dan ke Pelabuhan Kwandang, ditunjang dengan kesiapan armada KM Sabuk Nusantara 97 yang melayani rute Kwandang, Palele, Toli-toli dengan kapasitas penumpang 350 orang. KM Sabuk Nusantara 116, rute Tarakan, Toli-toli, Palele, Kwandang dengan kapasitas 327 orang. Serta KM Ganda Nusantara 05, kapasitas 73 orang, rute lokal Kwandang, Ponelo, Malambe hingga Oile Resor Desa Mutiara Laut, Kecamatan Tomilito.

Sementara pelayanan arus mudik di Pelabuhan Anggrek, khusus melayani barang. "Hingga saat ini terpantau normal, pelayanan tetap maksimal tidak ada gangguan. Kondisi aman dan terkendali," kata Bupati Thariq.

Ia berharap, kondisi ini tetap terjaga hingga H+7 lebaran Idul Fitri nanti. "Meski nanti memungkinkan terjadi  lonjakan penumpang maupun barang, namun pelayanan diharapkan lancar, tidak ada penumpukan penumpang maupun barang," katanya pula.

Untuk arus mudik darat di sepanjang lintas Sulawesi kabupaten tersebut, kata Bupati, hingga saat ini terpantau ramai lancar. Pemerintah daerah bekerja sama dengan TNI dan Polri, menyiapkan pos pengamanan di wilayah perbatasan, serta pos pelayanan di pusat ibu kota kabupaten.

"Kita berharap, pengendara tetap memperhatikan kondisi kendaraan dan cara mengemudi agar perjalanan dapat dilakukan dengan aman, serta mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, khususnya di jalur rawan kecelakaan lalu lintas. Diantaranya di Puncak Pontolo, agar melewati jalur tersebut dengan hati-hati dan memperhatikan keselamatan diri juga penumpang," imbuhnya.***
Pelabuhan Anggrek, Gorontalo Utara, terkait arus barang jelang lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah/2023. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023