Pemerintah Provinsi Gorontalo, menjajaki kerja sama dengan Universitas Negeri Malang (UM) melalui Dinas Pendidikan setempat.

Rencana kerja sama ini dibahas dalam pertemuan sekaligus silaturahmi yang dilakukan Kepala Sub Direktorat Seleksi Universitas Negeri Malang Rizky Firmansyah bersama jajarannya, dengan Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer, di aula rumah jabatan Wakil Gubernur Gorontalo, Senin.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Gorontalo, Rusli Nusi, turut hadir mendampingi Gubernur Hamka.

Rusli mengatakan, kerja sama ini rencananya menyasar khusus pada program studi pendidikan teknik dan vokasi.

Ia menjelaskan, akan ada banyak kekosongan-kekosongan guru SMA/SMK sederajat nanti di beberapa sekolah di Gorontalo. Untuk itu, kerja sama dalam hal program studi pendidikan ini sangat diperlukan, dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten dalam bidang keguruan.

"Menurut data di Dinas pendidikan, banyak guru yang akan memasuki masa pensiun khususnya untuk sekolah kejuruan (SMK). Untuk itu kita akan seleksi para calon guru sejak awal, sejak mereka lulus sekolah. Dan ada program studi pendidikan teknik dan vokasi yang menarik di Universitas Malang ini," katanya.

Rencana kerja sama tersebut, kata Rusli, akan dilakukan melalui kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Provinsi Gorontalo dengan Universitas Negeri Malang.

"Jadi intinya kami akan balas kunjungan ini, Pak gubernur dan kami akan cari waktu untuk menandatangani MoU langsung ke Universitas Malang sekaligus meninjau asrama Gorontalo yang ada di Malang. Intinya pula, semua harus kita fasilitasi," kata Rusli.

Kepala Sub Direktorat Seleksi Universitas Negeri Malang, Rizky Firmansyah mengatakan, pihaknya memang ingin menjalin kerja sama dengan beberapa pemerintah daerah termasuk salah satunya Provinsi Gorontalo.

Ia menilai kerja sama yang akan dilakukan ini melalui jalur kemitraan. "Kami sangat bersyukur kerja sama ini disambut baik oleh bapak gubernur. Alhamdulillah ini juga kan untuk meningkatkan SDM di Provinsi Gorontalo, supaya putra-putri daerah ingin berkuliah di Malang bisa terfasilitasi dengan baik. Kami akan tunggu kunjungan balasan dari Pemerintah Provinsi Gorontalo sekaligus akan dilakukan MoU," katanya. ***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023