Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Gorontalo, Syukri Botutihe menyebut pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) sangat mempengaruhi kondisi perekonomian di Provinsi Gorontalo.‎

Hal itu disampaikan Syukri pada pertemuan Badan Musyawarah Perbankan ‎Daerah (BMPD) dengan pemerintah daerah kabupaten/kota serta Forum Koordinasi Pimpinan ‎Daerah (Forkopimda) Provinsi Gorontalo, di Aula Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) di Kota Gorontalo, ‎Rabu.

Melalui Forum itu Syukri mengharapkan seluruh pihak terkait yang hadir dalam kegiatan ‎tersebut bersemangat dalam membangun kinerja di level usaha kecil dan menengah. 

"Kedepannya ada banyak hal yang perlu kita lakukan, terutama untuk pembangunan UMKM, yang akan menjadi target kita untuk kedepannya," ucap Sekda.

Ia berharap, tidak ada lagi ‎pelaku usaha yang mengeluhkan kendala persoalan modal dan pembiayaan, sehingga BPMD dan instansi terkait dapat memikirkan caranya.

"Peran pemda kabupaten kota juga kami perlukan ‎untuk sama-sama membina pelaku-pelaku UMKM yang ada di wilayah, sehingga masalah-masalah ‎ini dapat kita atasi bersama-sama," ajak Sekda.

Syukri mengucapkan banyak terima kasih kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo yang sudah bekerjasama meluncurkan program yang mendukung pengendalian inflasi di daerah serta upaya dalam penanganan kemiskinan.

Melalui forum tersebut ia juga mengharapkan seluruh pihak ‎yang hadir ke depannya dapat terus bekerja sama agar perekonomian Gorontalo semakin maju dan semakin ‎berkembang.‎

Menurutnya, pelaksanaan forum silaturahmi seperti ini sangat penting ‎untuk dilakukan karena dapat menumbuhkan komunikasi yang baik antar instansi.

"Kegiatan silaturahmi semacam ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami, karena dalam ‎kegiatan ini, saya kemudian pak Kajati, pihak Forkopimda, serta BPMD dapat bersilaturahmi dan ‎duduk bersama untuk mengkomunikasikan hal-hal yang kita butuhkan untuk pembangunan ‎daerah ini ke depannya," tutur Syukri

Sejalan dengan itu, ketua BPMD Dian Nugraha melalui kegiatan yang dilaksanakan ini juga mengharapkan jalinan silaturahmi dapat terus ditingkatkan, karena perbankan juga berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023