Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Syukri Botutihe berharap seluruh rumah sakit dapat meningkatkan kinerja keuangan, operasional serta mutu pelayanan melalui penerapan aplikasi Transformasi Sistem Akuntansi Badan Layanan Umum Daerah (Forsa BLUD.

"Harapan saya ke depan aplikasi ini dapat meningkatkan kinerja keuangan melalui fleksibilitas, meningkatkan kinerja operasional melalui manajemen organisasi yang baik serta dapat meningkatkan kualitas mutu layanan sesuai dengan standar mutu yang diharapkan," ucap Syukri di Gorontalo, Rabu.

Syukri menilai aplikasi ini sangat penting bagi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) untuk melaksanakan pengelolaan keuangan. Selain itu, menurutnya adanya aplikasi ini juga dapat menjadi kunci keberhasilan pengelolaan Badan Layanan Umum Daerah.

"Dengan aplikasi ini pastinya nanti RSUD kita akan lebih mudah dalam mengelola laporan keuangan sehingga dapat tercipta laporan keuangan yang tepat juga akurat. Saya yakin kalau kita tidak mengelola keuangan dengan baik pasti BLUD ini tidak akan berhasil," kata dia.

Pada Juni 2022 nota kesepahaman penerapan Aplikasi Forsa BLUD ini telah ditandatangani oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi dengan Direktur BLUD RSUD se-provinsi Gorontalo.

Syukri mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Menurutnya apa yang diinisiasi oleh pihak BPKP itu adalah salah satu bentuk digitalisasi pada sistem pemerintahan.

Aplikasi Forsa BLUD merupakan salah satu aplikasi yang diciptakan oleh BPKP dengan tujuan untuk membantu rumah sakit yang sudah masuk dalam BLUD dalam mengelola sistem keuangannya. 
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023