Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo menyerahkan bantuan fasilitas alat dan mesin pertanian (Alsintan) melalui program Rural Empowerment And Agricultural Development Scalling-Up Innitiative (READSI) di Kecamatan Bongomeme.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Gorontalo, Sabtu, mengatakan bantuan itu merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Daerah sebagai komitmen dalam meningkatan produksi pertanian demi kesejahteraan petani.

Menurut Nelson, sektor pertanian menjadi salah satu sektor unggulan peningkatan pendapatan petani di daerah itu.

“Dengan diserahkan bantuan ini, peningkatan produksi pertanian yang ada di Kabupaten Gorontalo, serta pendapatan masyarakat akan naik," ucap Nelson.

Ia mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo mendorong kemandirian petani untuk menggunakan lahan yang optimal dengan fasilitas yang ada.

Dalam rangka kemandirian itu juga pihaknya bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, kaitannya dengan asuransi bagi para petani sehingga para petani sudah bisa melihat masa depan dan ini sangat penting.

"Selain itu juga bagi para penyuluh pertanian yang mendampingi mereka sehingga mereka bisa melaksanakan cita cita mereka bagaimana membangun pertanian yang mandiri," jelas Bupati.

Bantuan tersebut diserahkan yaitu kepada 12 kelompok tani penerima manfaat di tiga desa lokasi, yaitu di Kecamatan Bongomeme lima kelompok tani, Desa Bongohulawa, lima kelompok tani di Desa Batuloreng dan dua kelompok tani dari Desa Liyoto.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023