Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menggelar kegiatan pelayanan publik 'Motabi Kambungu' untuk kedua kalinya di Tahun Anggaran 2023 ini.

"Setelah sukses pada penyelenggaraan Motabi Kambungi di tahun sebelumnya. Kini kita lanjutkan lagi untuk pelayanan di tahun ini. Kabar baiknya, pak Gubernur Ismail Pakaya akan menyempatkan waktu untuk menghadiri kegiatan ini," kata Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, di Gorontalo, Selasa.

Ia mengatakan, sudah bertemu langsung dengan Gubernur Gorontalo berstatus penjabat itu.

"Beliau menyatakan dukungannya terhadap jalannya roda pemerintahan daerah termasuk di kabupaten satu satunya di wilayah Utara Provinsi Gorontalo ini. Bahkan Gubernur menyatakan keinginan akan turun lapangan, termasuk turun ke desa dan bersama mengikuti kegiatan di daerah ini, untuk melakukan pelayanan langsung ke masyarakat. Beliau bahkan bersedia tidur satu malam di daerah ini, bersama seluruh organisasi perangkat daerah. Menginap di rumah warga dan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat," kata Bupati Thariq.

Ia pun meminta Asisten Pemerintahan untuk segera melakukan koordinasi, mengoptimalkan kegiatan yang akan dihadiri gubernur tersebut.

"Ini kabar gembira bagi pemerintah daerah dan masyarakat, sehingga perlu direspon dengan sangat cepat," kata bupati. 

Motabi Kambungu, adalah program pemerintah daerah yang digagas Bupati Thariq Modanggu, untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Masyarakat tak perlu datang ke kantor kantor di area blok plan untuk mengurus seperti, administrasi kependudukan, perizinan usaha, mendapatkan layanan kesehatan, dan layanan lainnya. Apalagi beberapa wilayah kecamatan di daerah ini sangat jauh dari ibu kota kabupaten.

"Selain jarak tempuh, biaya akomodasi sangat menyulitkan warga. Sehingga kita dekatkan pelayanan," kata bupati pula.

Motabi Kambungu juga menjadi sarana dalam menggerakkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di desa-desa.

 "Saat seluruh OPD turun di satu kecamatan, tentu aparat bisa berbelanja langsung kepada para pelaku usaha yang ada. Ekonomi berputar dan dampaknya pasti dinikmati masyarakat," katanya.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023