Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo masuk dalam 10 provinsi dengan realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023 se-Indonesia.

"Ini prestasi. Kita harus terus termotivasi dalam meningkatkan kinerja," kata Asisten II Setda Gorontalo, Handoyo Sugiharto di Gorontalo, Kamis.

Ia mengatakan per 31 Mei hingga 2 Juni 2023, angka realisasi belanja Provinsi Gorontalo ada di urutan keenam sebesar 27,90 persen. Daerah yang tertinggi adalah Jawa Barat 36,42 persen, disusul Jawa Tengah 31,65 persen dan Banten 28,96 persen.

"Belanja APBD kita tadi disebutkan masih ada di rata-rata, termasuk untuk pemanfaatan itu masuk 10 besar di urutan keenam. Sementara untuk realisasi pendapatan kita juga masih masuk di 13 daerah tertinggi," kata Handoyo.

Ia mengatakan hal itu perlu disyukuri bersama juga perlu untuk dipertahankan. Mengingat ada beberapa hal yang juga perlu untuk segera direalisasikan.

"Ini perlu kita pertahankan bahkan kalau perlu terus kita tingkatkan agar bisa sampai tertinggi pertama seperti di Tahun Anggaran 2019. Beberapa catatan penting juga perlu untuk segera kita realisasikan atau kita tindak lanjuti secara detil dengan mengadakan rapat bersama organisasi perangkat daerah terkait," katanya pula.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023