Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kabupaten Bone Bolango menggelar pelatihan pengelolaan desa wisata, yang berlangsung di Hotel Grand Q Kota Gorontalo, Rabu.

Sejumlah narasumber  dihadirkan untuk memberikan materi kepada 40 orang peserta, yang merupakan perwakilan pengelola desa wisata di Kabupaten Bone Bolango.

Kepala Disparpora Kabupaten Bone Bolango Muhamad Yamin Abbas, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menambah dan memperluas pengetahuan para pengelola desa wisata, yang selanjutnya akan dapat berdampak baik bagi perekonomian di daerah.

"Harapan kami mereka dapat mengelola potensi desanya dengan baik, hingga bisa menaikkan taraf perekonomian dan dapat mensejahterakan warga masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut," katanya.

Ia menambahkan, melalui kegiatan ini para pengelola desa wisata dapat mempraktikkan strategi yang digunakan daerah lain dalam  mempromosikan wisata mulai dari tingkat lokal, nasional, hingga ke manca negara.

"Intinya memberikan pengetahuan terhadap para pengelola desa wisata, agar mereka dapat mengelola hingga membawa desa wisata tersebut terkenal mulai ke wisatawan lokal maupun internasional," ujarnya.

Kepala Bidang Pariwisata Yudiawan Maksum mengatakan sasaran pelatihan ini antara lain peserta mengetahui dan memahami pengetahuan dasae kepariwsataan, pentingnya Sapta Pesona dalam mewujudkam masyarakat sadar wisata, memahami pengembangan kelembagaan pengelola desa wisata.

"Peserta juga memahami dan mengetahui pengembangan  dan pengelolaan produk pariwisata di desa wisata," ujarnya.

Dalam pelatihan ini sejumlah pemateri dihadirkan yang berasal akademisi, praktisi, jurnalis, hingga motivator.

Selain menerima materi dari narasumber, peserta juga mendapat pengalaman langsung dari lapangan dengan mengunjungi obyek wisata Bohulo Camp & Eatery. 

Pewarta: Zulkifli Polimengo

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023