Ratusan warga antusias mendatangi lokasi pengobatan gratis pada kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 tahun 2023 yang dilaksanakan personel dari Kodim 1304/Gorontalo bekerja sama dengan instansi terkait, di Desa Tongo dan Desa Kemiri, Kecamatan Bonepantai, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango, dr. Meyrin Kadir, Jumat, mengatakan pengobatan gratis tersebut dilakukan oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango dan Puskesmas Bonepantai.

"Lebih dari 100 orang warga yang datang dan antusias memanfaatkan ajang pengobatan secara gratis dan memeriksakan kondisi kesehatan," ucap dr Meyrin.

Ia menyebutkan, berbagai penyakit yang dikeluhkan warga maupun pasien saat mengikuti pengobatan gratis kali itu. Keluhan terbanyak pasien adalah hipertensi dan rematik atau nyeri tulang, dan pasien terbanyak adalah usia lanjut.

Menurut dia, banyak juga pasien ibu muda yang datang untuk memasang alat kontrasepsi keluarga berencana (KB) dan juga konsultasi KB.

"Alhamdulillah berbagai penyakit yang dikeluhkan pasien dan pemasangan KB, serta konsultasi KB semuanya telah dilakukan penanganan oleh jajaran tim kesehatan," jelas dia.

Selain pemeriksaan kesehatan, TMMD tersebut membuka pasar murah bahan kebutuhan pokok.

Bahan pokok yang dijual yaitu beras Rp25 ribu per 5 kg, ikan tuna Rp20 ribu per 0,5 kg, bawang merah Rp10 ribu 0,5 kilogram, bawang putih Rp10 ribu 0,5 kilogram, cabai rawit Rp10 ribu 0,5 kilogram, telur Rp10 ribu 10 butir, dan minyak goreng Rp10 ribu 1 kilogram.

Warga pun memadati pelaksanaan pasar murah tersebut. Setiap warga mendapatkan jatah satu kupon untuk bisa mendapatkan bahan-bahan pokok yang dijual murah tersebut dengan syarat membawa kartu tanda penduduk (KTP).

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023