Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Gorontalo Budiyanto Sidiki meminta pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Gorontalo untuk meningkatkan tata kelola kelembagaan, baik yang ada di internal maupun di DWP unit tiap organisasi perangkat daerah.

Menurutnya, perbaikan dan peningkatan tata kelola kelembagaan menjadi program utama yang harus dilaksanakan.

"Menurut hemat saya, secara internal unit persatuan provinsi ini harus terus berkembang dengan cara memperbaiki tata kelola kelembagaan DWP hingga ke tingkat unit," kata Budiyanto Sidiki memberi arahan pada rapat bersama DWP Provinsi Gorontalo di Rumah Dinas Sekretaris Daerah, Kamis.

Perbaikan tata kelola tersebut berkaitan dengan upaya peningkatan kapasitas, banyaknya edukasi dan literasi kepada pengurus inti.

Ia berpesan, semua pengurus harus bisa bekerja sesuai dengan tanggung jawab dan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

"Bendahara harus tahu tata cara pengelolaan keuangan dengan baik. Sekretaris harus tahu bagaimana mengelola tata usaha administrasi bahkan koordinasi. Kemudian bidang-bidang harus tau bagaimana mengaktifkan program yang ada di bidang," katanya pula.

Budiyanto juga meminta DWP Provinsi untuk melakukan kegiatan-kegiatan pembinaan kepada DWP unit.

Pembinaan tersebut dimaksudkan agar antara DWP Provinsi dan unit memiliki satu keseragaman yang sama.

Keberadaan sekretariat juga turut menjadi perhatiannya. Ia mengungkapkan, sekretariat merupakan eksistensi dari keberadaan suatu organisasi.

Budiyanto berharap semua unit DWP memiliki tempat tersebut. "Maka saran saya adalah semua unit DWP harus punya tempat, walaupun sesederhana mungkin berkaitan dengan keberadaan sekretariat. Jangan tidak, karena itu eksistensi organisasi ini," katanya.

Keberhasilan DWP sebagai organisasi, kata Budiyanto, menjadi bagian penting dalam keberhasilan program pemerintah.

Sebab DWP ikut bersinergi menunjang keberhasilan pelaksanaan program seperti sosial kemasyarakatan, perbaikan gizi kesehatan dan program produktif lainnya.*

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023