Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo mematangkan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus nanti.

Asisten Bidang Pembangunan Handoyo Sugiharto selaku ketua panitia pada rapat di ruang Dulohupa, kantor Gorontalo, Kamis mengatakan rangkaian kegiatan diawali dengan pencanangan pada Minggu 6 Agustus 2023 di Lapangan Taruna Remaja.

"Pencanangan akan diisi dengan jalan sehat, senam pagi, kesenian lokal, olahraga lainnya dan juga donor darah. Untuk pakaian nanti diharapkan didominasi oleh warna merah putih," ucap Handoyo.

Selanjutnya akan diselenggarakan lomba cipta mars provinsi dengan hadiah Rp25 juta sesuai arahan penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya melalui koordinator seksi kesenian dan olahraga. Kemudian zikir bersama pada Senin 7 Agustus bertempat di Masjid Baiturrahim Kota Gorontalo.

Kegiatan lainnya yaitu fun run tujuh kilometer dengan mengambil start dan finish di rumah jabatan Gubernur pada 12 Agustus, pengukuhan paskibraka 15 Agustus, dan pawai serta renungan suci pada 16 Agustus masing-masing dilaksanakan pukul 17.00 dan 23.00 WITA.

Dilanjutkan dengan apel Korpri dan detik-detik proklamasi serta penurunan bendera pada tanggal 17 Agustus dan diakhiri dengan pelaksanaan karnaval karawo pada tanggal 19 Agustus di rumah jabatan Gubernur.

Sebelumnya, untuk menyambut HUT ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik menyiapkan dan menggerakkan pencanangan gerakan nasional pembagian bendera Merah Putih kepada masyarakat.

Pembagian secara simbolis bendera merah putih kepada masyarakat di lakukan oleh Penjabat Gubernur Ismail Pakaya dan Forkopimda Provinsi Gorontalo.

Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya menyampaikan momentum pembagian bendera Merah Putih bagi masyarakat dapat membangkitkan jiwa nasionalisme dalam mengisi pembangunan di Provinsi Gorontalo.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023