Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Pemerintah Kota Gorontalo menggelar dzikir dan doa bersama dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di daerah itu.

Penjabat Sekretaris Daerah Pemprov Gorontalo Budiyanto Sidiki di Gorontalo, Selasa, mengatakan doa dan dzikir bersama dihadiri Penjabat Gubernur Ismail Pakaya dan Wali Kota Gorontalo Marten Taha.

Ia mengatakan kegiatan yang juga dirangkai dengan perayaan Tahun Baru Islam ini sebagai bentuk ikhtiar pemerintah dalam menyikapi fenomena bunuh diri di wilayah Gorontalo.

Oleh karena itu, katanya, melalui dzikir dan doa bersama tersebut, diharapkan mampu menjadi wadah masyarakat dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT dan agar masyarakat senantiasa berdoa dan meminta pertolongan kepada Allah SWT agar dijauhkan dari segala malapetaka.

"Dan mudah-mudahan, Allah hadirkan kembali keberkahan, semoga daerah ini terhindar dari segala malapetaka," katanya.

Wali Kota Gorontalo Marten Taha menambahkan sudah ada 26 kasus bunuh diri yang terjadi sejak Januari hingga Juli 2023 di daerah setempat.

Kepada seluruh masyarakat yang hadir, ia meminta secara bersama-sama memperbaiki perilaku-perilaku yang menyimpang tersebut dan kembali pada perilaku yang benar dan sehat.

"Sebagai umat yang beragama, bagaimana kita mengembalikan perilaku-perilaku yang menyimpang itu agar kembali ke perilaku yang benar. Tentunya dengan siraman-siraman rohani. Mudah- mudahan doa, dzikir, dan tausiah ini, akan mendatangkan berkah bagi kita semua," kata dia.

Rangkaian doa bersama ini juga diisi dengan ceramah singkat yang dibawakan Ustadz Habib Salim Abdurrahman Alzufri. Pada 12 Agustus mendatang, akan dilaksanakan doa bersama serentak dengan seluruh kabupaten/kota, hingga tingkat desa dan kelurahan di masjid masing-masing.
Pemerintah Provinsi dan Pemkot Gorontalo menggelar zikir dan doa bersama, dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dihadiri Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya. (ANTARA/HO-Diskominfotik Provinsi Gorontalo)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023