Kementerian BUMN dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) bersinergi dengan seluruh BUMN di Indonesia dalam memberikan kesempatan magang bagi mahasiswa dan fresh graduate, baik lulusan dalam negeri maupun luar negeri melalui program Magang Generasi Bertalenta (Magenta).

Dalam kesempatan tersebut, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 4 juga terlibat dalam sinergi tersebut dengan merekrut sebanyak 26 orang mahasiswa dari delapan perguruan tinggi di Makassar untuk bergabung dalam Magenta BUMN Batch 3 Pelindo Regional 4.

“Pelindo merupakan salah satu BUMN strategis, di mana seluruh pelabuhan yang dikelola memiliki posisi signifikan dalam perhubungan jaringan perdagangan internasional berbasis transportasi laut,” kata Regional Head 4 Pelindo Enriany Muis, di Makassar, Rabu.

Menurut dia, bergabung dengan Pelindo melalui program Magenta ini dapat membantu pelamar merasakan pengalaman bekerja dan berkembang di salah satu perusahaan BUMN.

Program Magang Generasi Bertalenta BUMN merupakan program magang terpadu bagi santri, mahasiswa, dan fresh graduate untuk mengaplikasikan semua ilmu yang telah didapat dengan cara mempraktekkan secara langsung di dunia kerja, sehingga mendapatkan tambahan pengetahuan dan keterampilan tentang standar kerja profesional di BUMN.

"Pengalaman yang didapat dari program Magenta BUMN akan menjadi bekal berharga dalam menjalani jenjang karir sesungguhnya untuk meraih masa depan gemilang," kata Enryani Muis.

Sementara itu Division Head Layanan SDM dan Umum Pelindo Regional 4 Basri Alam mengatakan cukup banyak mahasiswa yang berminat untuk mengikuti program Magenta BUMN Batch 3 Pelindo Regional 4.

“Sekitar 2.000 orang lebih mahasiswa yang melamar dan hanya 26 orang diterima. Saat ini mereka sudah memulai Program Magenta BUMN Batch 3 di enam divisi yang ada di Pelindo Regional 4 selama kurang lebih lima bulan,” ujarnya.

Basri Alam menyebutkan sebanyak 26 orang mahasiswa yang mengikuti program Magenta BUMN Batch 3 Pelindo Regional 4 berasal dari delapan perguruan tinggi di Makassar, yaitu Universitas Hasanuddin, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Negeri Makassar, Universitas Bosowa, Politeknik STIA LAN Makassar, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Universitas Muhammadiyah Makassar, dan STIEM Bongaya Makassar.

Menurut dia, ada beberapa kriteria penilaian sehingga 26 orang mahasiswa tersebut dinyatakan lulus dan bisa mengikuti program Magenta BUMN Batch 3 Pelindo Regional 4, di antaranya nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) setiap mahasiswa dan hasil seleksi wawancara.

Selain itu, kata dia, setiap peserta program Magenta BUMN Batch 3 Pelindo Regional 4 juga dibekali dengan nilai-nilai AKHLAK (amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, kolaboratif) perusahaan, serta harus selalu mengedepankan dan menjaga attitude.

“Karena percuma nilai IPK tinggi, tapi attitude-nya rendah. Harus seimbang antara keduanya,” ucap Basri Alam.

Salah seorang peserta program Magenta BUMN Batch 3 Pelindo Regional 4 Muhammad Yusuf menuturkan bahwa dirinya sangat senang bisa mengikuti program ini. “Tentunya cukup banyak yang dapat saya pelajari. Tidak hanya terkait pekerjaan, namun juga budaya kerja yang ada di perusahaan ini,” kata dia.

Dia sangat bersyukur bisa menjadi salah satu peserta program magang kolaborasi Kementerian BUMN, Forum Human Capital Indonesia (FHCI), dan Pelindo ini.

“Semoga saya bisa mengimplementasikan hasil yang saya dapat dari program magang ini untuk keluarga, lingkungan, dan masyarakat di sekitar saya. Saya juga berharap program magang yang saya ikuti ini dapat bermanfaat bagi masa depan dan langkah saya selanjutnya," ujar dia.
 

Pewarta: Nur Suhra Wardyah

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023