Pasukan pengibar bendera (Paskibra) Provinsi Gorontalo mulai menjalani latihan menjelang upacara peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia di halaman rumah jabatan gubernur, Kota Gorontalo, Kamis.

Halaman rumah jabatan gubernur menjadi lokasi pelaksanaan upacara peringatan HUT Republik Indonesia tingkat Provinsi Gorontalo pada 17 Agustus nanti.

"Hari ini kita mulai adaptasi lapangan," ucap Kepala Bidang Pemuda, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Gorontalo Yusnan Ahmad, Kamis.

Ia mengatakan, untuk latihan gabungan dengan unsur TNI dan Polri akan dimulai pada 11 Agustus besok. Termasuk unsur korps musik dan aubade.

Anggota Paskibra Provinsi Gorontalo tahun 2023 berjumlah 25 orang, terdiri dari 13 putra dan 12 putri siswa SMA dan SMK. Latihan di lapangan rencananya akan dilaksanakan hingga 15 Agustus 2023, dan dilanjutkan pada malam harinya pengukuhan Paskibra Provinsi Gorontalo.

"Secara keseluruhan progres kesiapan Paskibra sudah mencapai 65 persen. Sisanya tinggal memantapkan latihan gabungan di lapangan yang akan dilaksanakan hingga 15 Agustus 2023. H-satu kita akan istirahat untuk persiapan hari H," ujar Yusnan.

Mantan Kabag Humas itu menambahkan, Pemerintah Provinsi Gorontalo tahun 2023 mengirimkan dua utusan untuk Paskibraka tingkat nasional. Putra atas nama Dicky Wahyudi Akhiri yang berasal dari SMA Negeri 1 Gorontalo Utara. Sedangkan putri berasal dari MAN Model Kota Gorontalo, atas nama Aqila Putra Tojib.

"Informasi terakhir yang saya peroleh mereka juga sekarang persiapan latihan gabungan. Kita doakan semoga anak-anak ini baik yang bertugas di tingkat provinsi maupun nasional, sukses menjalankan tugas yang diembannya," harap dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023