Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo mendukung keberhasilan pasukan pengibar bendera (paskibra) di daerah itu yang telah berhasil menjalankan tugas di Hari Kemedekaan Republik Indonesia (RI) ke 78 pada Kamis, 17 Agustus 2023.

"Saya bangga dan terharu. Anak anak muda ini mampu tampil membanggakan di hari istimewa ini. Hari Kemerdekaan yang wajib kita rayakan bersama," kata anggota Komisi II DPRD Gorontalo Utara Dedy Dunggio di Gorontalo.

Ia mengikuti upacara pengibaran bendera di lapangan hijau Gentuma Raya, baik pada momen penaikan maupun penurunan bendera, juga bertugas sebagai pembaca teks proklamasi.

Dedy mengatakan, di wilayah bagian timur kabupaten tersebut, suasana Hari Kemerdekaan sangat terasa.

"Semua masyarakat baik di pusat ibu kota kecamatan maupun dusun dusun antusias mengikuti perlombaan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) RI tahun ini," katanya.

Ia pun mengapresiasi dengan memberikan hadiah kepada kelompok paskibra kecamatan senilai Rp3,5 juta. "Ini spirit buat mereka sebab mampu gegap gempita melaksanakan tugas dengan paripurna," kata Dedy.

Selain itu, ia juga menghadiahi kelompok Marching Band pada upacara di kecamatan itu, dengan hadiah sebesar Rp2 juta. Ditambah hadiah sebesar Rp1 juta untuk klub sekolah yang berhasil meraih juara 1 lomba sepak bola antar sekolah. Dan Rp500 ribu untuk juara kedua.

"Ini bagian dari motivasi kepada generasi muda bahwa perjuangan yang dilakukan termasuk dalam memperingati Hari Kemerdekaan pasti mendapat hasil terbaik," kata Dedy.

Ia berharap kemeriahan dan semangat cinta tanah air akan terus lestari di setiap momen peringatan Hari Kemerdekaan hingga ke wilayah pelosok termasuk perbatasan timur kabupaten tersebut.

Hari Kemerdekaan yang dirayakan penuh semangat dan kegembiraan, kata Dedy, merupakan bagian terindah dalam mengisi kemerdekaan karena dengan semangat yang besar maka setiap orang sebagai warga negara dapat saling memotivasi dan mendukung menggapai Indonesia maju.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023