Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya mengundang Riski Lamato, pelajar pemanjat tiang bendera untuk makan malam bersama di Rumah Jabatan, Jumat (18/8).

Riski Lamato, pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 9 Gorontalo Utara di Kecamatan Sumalata Timur, adalah pemanjat tiang bendera saat peringatan HUT RI ke 78, tingkat kecamatan yang digelar di lapangan kantor camat. Aksi Riski menarik simpatik banyak pihak.

Tidak terkecuali Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya yang kemudian mengundangnya makan malam bersama.

Siswa kelas sepuluh (X) asal Desa Hulawa itu, datang bersama ayahnya Irfan Lamato, ibu Yusra Laiya dan kepala sekolahnya.

Riski menggunakan pakaian Palang Merah Remaja (PMR) putih-putih, seragam yang ia gunakan saat memanjat tiang bendera untuk menyambung tali yang putus.

Berkat aksinya itu, bendera merah putih bisa dikibarkan sebagaimana mestinya.

Gubernur Ismail pun menyampaikan apresiasi dan kekaguman atas aksi Riski menyelamatkan pengibaran merah putih.

Riski dinilai berani dan mampu mengambil keputusan yang tepat di momen yang sangat penting.

"Ini sebagai bentuk ucapan penghargaan saya pada seorang anak yang baru kelas sepuluh sudah punya keberanian yang tinggi serta pengambilan keputusan yang cepat sehingga secara refleks memanjat tiang bendera sekalipun dengan risiko yang harus ditanggung. Apalagi tiang bendera yang dinaiki itu sangat tinggi, sekitar 14 meter," kata Penjabat Gubernur bangga.

Berkat aksi heroiknya itu, Riski akan menerima beasiswa hingga lulus dari bangku sekolah. Putra sulung dari tiga bersaudara ini juga mendapatkan hadiah sepeda dari Gubernur Ismail.

Riski diminta memilih satu dari tiga unit sepeda yang biasa digunakan gubernur berolahraga.

"Tiga kilometer jarak sekolah dari rumahnya. Jadi silahkan sepeda ini digunakan untuk transportasi dari rumah ke sekolah pergi pulang," imbuh Ismail.

Ketua TP PKK Fima Agustina juga menyerahkan santunan secara pribadi kepada Riski. Uang itu diharapkan bisa membantunya meringankan beban sehari-hari Riski dan keluarganya.

Saat ini Riski bersama keluarga diinapkan di Hotel Elmadina. Bergabung bersama puluhan anggota Paskibraka Provinsi Gorontalo yang sukses menjalankan tugas pada 17 Agustus 2023 kemarin.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023