Pemerintah Provinsi Gorontalo mulai menggelar empat jenis lomba dalam rangkaian Gorontalo Karnaval Karawo (GKK) 2023 di rumah jabatan Gubernur, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Sabtu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki di Gorontalo, mengatakan GKK 2023 diawali dengan empat lomba yang diikuti oleh pelajar, perajin, komunitas hingga masyarakat umum.

Lomba yang pertama yaitu melukis Karawo yang diikuti oleh pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), selanjutnya lomba membuat Karawo yang diikuti oleh perajin, serta lomba foto dan video promosi pariwisata.

"Gorontalo Karnaval Karawo tahun 2023 kali ini mengusung tema ”Gorontalo Hospitality, A Local Pride For Global Tourism”," ucap Budiyanto.

Pada lomba melukis Karawo, peserta menampilkan berbagai lukisan bertema Gorontalo, diantara hiu paus, jagung, pakaian adat hingga burung endemik Sulawesi yaitu Maleo.

Untuk lomba video dan fotografi, sebanyak 50 peserta menyuguhkan berbagai keindahan panorama alam dan wisata unggulan Gorontalo. Seperti taman laut Olele, wisata palayang, Biluhu dan lainnya.

"Gorontalo Karnaval Karawo ini adalah kegiatan promosi pariwisata dan produk ekonomi kreatif yang melibatkan para perajin sulaman khas Karawo," ujar Sekda.

Produk UMKM turut ditampilkan, mulai dari olahan pangan abon ikan, pisang, ikan roa, keripik dan lainnya.

"Rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi pelaku UMKM dan ekonomi kreatif, menjadi wadah kreativitas para pekerja seni, sehingga secara signifikan akan mampu menggerakkan ekonomi masyarakat di Provinsi Gorontalo," kata Budi.
 
Peserta mengikuti lomba melukis di rumah jabatan Gubernur, Kota Gorontalo, Gorontalo, Sabtu (19/8/2023). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023