Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango meresmikan revitalisasi objek wisata Danau Perintis di Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou di Gorontalo, Senin mengatakan seluruh objek wisata di daerah itu kini menjadi wisata berbasis halal.

Ia menjelaskan, pencanangan wisata berbasis halal dilakukan karena 99 persen warga Bone Bolango beragama Islam dan sebagian besar juga hidup dan mendapatkan rezeki dari kegiatan pariwisata yang halal dan aman. 

"Ini adalah hal yang sederhana. Jangan sampai kita buat tempat-tempat wisata yang bagus dan viral, tapi menjadi sumber maksiat. Ini tidak boleh terjadi di tempat wisata yang ada di Bone Bolango," ucap Bupati Hamim. 

Hamim mengungkapkan, wisata halal, aman di daerah itu yaitu mulai dari makanan dan minuman yang dijual sehat dan halal, ada tempat shalat serta pakaian pengunjung harus sopan.

Menurut dia, wisata di Kabupaten Bone Bolango banyak dikembangkan untuk menghibur dan membahagiakan mata dan hati serta menjaga iman masyarakat. 

Sebelumnya, Kepala Bidang Pariwisata Bone Bolango, Yudiawan Maksum mengatakan sejak tujuh bulan yang lalu pihaknya membangun jalur pejalan kaki, taman dan gazebo di Danau Perintis.

"Ini bersumber dari dana pemulihan ekonomi masyarakat (PEN), kami menganggarkan sekitar Rp2,9 miliar," ucap Yudi.

Ia mengungkapkan, dengan adanya pembangunan fasilitas pendukung di objek wisata Danau Perintis diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Kepada para pedagang makanan, minuman dan jasa, pemerintah setempat mewajibkan untuk menjaga kebersihan, bisa secara mandiri mengumpulkan sampah dan lainnya.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023