Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Setelah anjlok beberapa pekan kemarin, harga tomat lokal Gorontalo kembali alami kenaikan dari Rp3000/kg menjadi Rp7500/kg di beberapa pasar tradisional di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Sabtu.

Tikno, Seorang pedagang tomat di pasar Sentral Kota Gorontalo, mengatakan setelah sempat turun drastis, harga tomat kembali mengalami kenaikan.

"Sekarang harga tomat naik menjadi Rp7500/kg, bulan kemarin sempat anjlok menjadi Rp3000/kg, stok sudah mulai normal kembali, setelah melimpah pada musim panen bulan kemarin," ungkapnya.

Hal serupa dikatakan, Deice Usman, salah seorang pedagang bumbu masak, yang mengatakan, stok tomat yang ada sudah tidak melimpah seperti bulan kemarin, sehingga harga tomat kembali naik.

"Harga tomat lokal Gorontalo dan tomat asal Sulawesi Utara yang dijual disini mengalami kenaikan harga, penjualan tetap normal, dalam sehari saya mampu menjual hingga 50 kg tomat lokal dan 20 kg tomat asal Sulawesi Utara," katanya.

Sementara itu, selain harga tomat yang mengalami kenaikan, harga bawang putih juga mengalami hal yang sama.

Harga bawang putih naik dari Rp40ribu/kg menjadi Rp50ribu/kg belum meratanya panen akibat musim panas dibeberapa daerah di Gorontalo.

Sedangkan harga cabai rawit mengalami penurunan, setelah pada minggu sebelumnya dijula seharga Rp60ribu/kg, sekarang menjadi Rp50ribu/kg.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016