Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menjadi daerah di Indonesia timur yang digunakan untuk pelaksanaan Program Magang Kampus Merdeka oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Mahasiswa peserta magang itu, diterima secara resmi oleh Asisten Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango Marni Nisabu di halaman kantor bupati setempat di Bone Bolango, Senin.

Program Magang Kampus Merdeka untuk angkatan kelima pada 2023 diikuti 50 mahasiswa yang berasal dari 39 perguruan tinggi negeri dan 11 perguruan tinggi swasta di seluruh Indonesia.

Marni Nisabu menjelaskan Program Kampus Merdeka berfokus pada pengembangan satu inovasi di bidang pertanian, peternakan, dan perikanan, serta lahan konservasi.

"Kami berterima kasih kepada adik-adik mahasiswa yang sudah memilih Kabupaten Bone Bolango untuk menjadi lokus untuk Kampus Merdeka Magang Bersertifikat. Kali ini untuk Indonesia timur, Pemerintah Daerah Bone Bolango merupakan satu-satunya pemerintah daerah yang menjadi mitra untuk Kampus Merdeka Magang Bersertifikat ini," ujar dia.

Ia mengatakan untuk Program Magang Kampus Merdeka, para mahasiswa akan banyak belajar bertani, membuat inovasi pertanian yang tujuannya bisa meningkatkan pendapatan ekonomi pertanian dari masyarakat di Kabupaten Bone Bolango.

Kepada mahasiswa, ia menjelaskan bahwa Bone Bolango kabupaten konservasi.

Ia menjelaskan tentang inti pembangunan pertanian yang bisa berdampak terhadap penurunan kemiskinan ekstrem dan bisa menyediakan bahan olahan pangan untuk menurunkan tengkes di Kabupaten Bone Bolango.

Marni Nisabu yang mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bone Bolango itu, juga mengungkapkan bahwa khusus untuk Kampus Atmajaya kegiatan magang akan berbeda.

Ia menjelaskan kampus tersebut akan fokus kepada teknis atau infrastruktur bangunan dan akuntansi.

"Oleh karena itu dari berbagai kampus yang akan hadir di Kabupaten Bone Bolango, insyaallah akan banyak dampak positif untuk bagaimana perkembangan Kabupaten Bone Bolango ke depan," kata dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023