Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo Roni Imran meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat untuk fokus mengelola potensi pariwisata daerah itu.

"Pemkab harus fokus mengelola potensi pariwisata daerah. Sebab potensi ini sangat berpeluang menjadi sumber penerimaan andalan dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD)," kata Roni Imran di Gorontalo, Senin.

Penataan objek wisata khususnya infrastruktur harus terus dioptimalkan untuk memudahkan wisatawan berkunjung.

Ia berharap fokus penataan dilakukan untuk potensi destinasi wisata super prioritas. Baik kelancaran konektivitas dalam transportasi maupun sarana dan prasarana yang diperlukan.

"Pemkab harus fokus menata dua atau tiga destinasi wisata yang layak dikembangkan sebagai objek wisata prioritas. Kalau fokus, pasti yang lainnya akan terdampak," kata Roni.

Ia mencontohkan destinasi wisata yang ramai pengunjungnya saat ini, seperti Bukit Dunu Ceria di Kecamatan Monano.

Ada ratusan pengunjung berwisata ke bukit itu setiap libur akhir pekan. "Pemkab perlu memberi perhatian fokus dan prioritas untuk pengembangannya," kata Roni.

Ruas jalan ke lokasi tersebut perlu dioptimalkan apalagi ada target pariwisata terkoneksi di wilayah Monano dan sekitarnya.

DPRD kata dia, memberi dukungan penuh kepada Pemkab khususnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta instansi teknis terkait untuk mengembangkan potensi wisata yang dimiliki khususnya pemerintah desa setempat.
 
"Saya lihat Kepala Desa, aparatur dan pemuda desa sangat antusias mengembangkan objek wisata ini. Kita patut memberi dukungan. Jika ada hambatan khususnya pendanaan untuk membangun infrastruktur, sampaikan agar kita cari solusi untuk optimalisasi penataan," kata Roni pula.

Ia berharap program kepariwisataan yang sudah direncanakan dengan baik dapat terimplementasi. Sebab daerah ini memiliki potensi sumber daya alam yang memang layak menjadi destinasi wisata super prioritas jika kita fokus dan gigih.

"Kita studi tiru lalu modifikasi penataan destinasi wisata di daerah lain dan lebih fokus dalam mengembangkan. Berdayakan tenaga aparatur honorer daerah untuk mendukung ketersediaan sumber daya dalam pengelolaan," imbuhnya.

Sekretaris Daerah Pemkab Gorontalo Utara Suleman Lakoro mengatakan terus menggenjot PAD melalui sektor sektor andalan termasuk pariwisata.

"Kita targetkan capaian PAD sebesar Rp34 miliar di Tahun Anggaran 2022 dapat naik minimal 30 hingga 40 persen di tahun ini dan terus meningkat di tahun mendatang," katanya.

Perencanaan berbasis PAD yang diinisiasi Bupati Thariq Modanggu diharapkan optimal meningkatkan PAD khususnya yang dikelola langsung organisasi perangkat daerah terkait.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023