Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo menyerahkan bantuan Cerdas Pangan kepada masyarakat kelurahan Bulota Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Gorontalo, Kamis mengatakan bantuan itu diberikan kepada tiga kelompok masyarakat yang terdiri dari 30 orang.

"Bantuan Cerdas Pangan yang diserahkan yaitu komoditas hortikultura cabai rawit, tomat, sayur, kacang panjang, terong, ketimun, bayam dan papaya. Selanjutnya, ada juga penyerahan polibag dan pupuk organik," ucap dia.

Nelson menjelaskan, untuk mencukupi ketersediaan pangan maka harus ada produksi dari tingkat masyarakat, untuk itu Pemerintah Kabupaten Gorontalo menerapkan konsep urban farming dengan memanfaatkan lahan pekarangan warga.

"Ini dilakukan dengan tujuan untuk menanggulangi permasalahan pangan di daerah dan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga," ujar Bupati.

Saat musim kering seperti saat ini kata Bupati, salah satu masalah yang muncul adalah ketersediaan air, untuk itu Pemkab Gorontalo siap mendistribusikan air bersih jika dibutuhkan.

"Sampaikan dan laporkan jika masyarakat kekurangan air, BPBD dan PDAM siap sedia distribusi air," kata Nelson.

Selain pemberian bantuan Cerdas Pangan, Pemkab Gorontalo turut menggelar Gerakan Pangan Murah sebagai salah satu upaya pemerintah dalam menjaga daya beli masyarakat dan menekan laju pergerakan inflasi daerah.

Dengan pelaksanaan kegiatan Gerakan Pangan Murah diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan serta meningkatkan ekonomi rumah tangga.

"Kita optimistis bahwa dengan berbagai sinergi dan kolaborasi yang berkelanjutan dapat memperbaiki kinerja pengelolaan pangan, pangan kuat Indonesia berdaulat," kata dia.


 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023