Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Gorontalo melakukan kolaborasi bersama Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Botumoito Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, untuk memberi pelatihan literasi digital kepada para siswa di sekolah tersebut.

Kolaborasi tersebut diawali dengan materi terkait literasi digital kepada 45 siswa SMA 1 Botumoito di Gedung Balai Guru Penggerak, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo.

Kegiatan itu juga merupakan bagian dari Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang digelar oleh pihak sekolah, untuk mendorong para siswa menambah wawasan tentang kepemimpinan dari berbagai sudut pandang.

Kepala Sekolah SMA 1 Botumoito Nansy Rahman mengatakan pihaknya sengaja memasukkan materi tentang literasi digital dan jurnalistik, agar siswa memiliki keterampilan menulis dan mampu memanfaatkan teknologi untuk sesuatu yang bermanfaat, bukan malah menjadi korban teknologi.

"Sekolah berusaha membekali siswa dengan pengetahuan dan pengalaman yang beragam, sebagai upaya menyiapkan bekal generasi muda yang akan jadi pemimpin nanti," ujarnya di Gorontalo, Kami.

Kepala LKBN ANTARA Biro Gorontalo, Debby Hariyanti Mano mengatakan kegiatan itu bagian dari program ANTARA Kita yang telah diluncurkan sejak Maret 2023.

Program ANTARA Kita bertujuan merangkul warga, komunitas, jurnalis, mahasiswa, pelajar, seniman, dan unsur lainnya untuk berkolaborasi meningkatkan literasi terutama literasi digital dan jurnalistik.

"Kami mendorong para mahasiswa, pelajar dan bahkan warga untuk memahami teknologi, serta mampu membentengi diri dari dampak negatif. Jangan sampai mereka justru menjadi korban misalnya termakan hoaks ataupun penipuan-penipuan online yang kini marak," katanya.

Dalam kegiatan itu, para siswa mendapatkan tips dan cara memanfaatkan teknologi digital untuk berkarya dan menghasilkan uang sesuai dengan minat dan bakat.

Tak hanya literasi digital, kolaborasi akan dilanjutkan dengan pelatihan menulis dan fotografi bagi siswa, yang akan dikemas dalam bentuk Camping Jurnalistik.

Selain kolaborasi dengan LKBN ANTARA, pihak sekolah juga mengajak siswa untuk menyaksikan sidang paripurna di DPRD dan obyek-obyek bersejarah, serta menghadirkan sejumlah narasumber untuk memberi pembekalan.

Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Gorontalo kolaborasi bersama Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Botumoito Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, untuk dalam literasi digital kepada para siswa di gedung Balai Guru Penggerak. (ANTARA/Adiwinata)

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023