Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Badan Kepegawaian Nasional (BKN) resmi membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Provinsi Gorontalo, guna mendekatkan pelayanan administrasi Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah.

"Kami berupaya mendekatkan pelayanan kepada ASN, karena banyak kabupaten/kota yang jauh dari kantor regional BKN di Sulawesi Utara," kata Kepala BKN Bima Haria Wibisana, Selasa.

Bima turut menyaksikan penandatanganan perjanjian pinjam pakai gedung kantor UPT BKN Provinsi Gorontalo yang dilakukan Sekda Provinsi Gorontalo Prof Winarni Monoarfa dengan Kepala Biro Umum BKN yang turut disaksikan Wagub Gorontalo Idris Rahim.

Bima menjelaskan bahwa UPT BKN Gorontalo merupakan UPT ketiga yang direalisasikan dari 9 UPT yang akan dibuka tahun ini di seluruh Indonesia.

UPT BKN tersebut, lanjut Bima, akan digunakan untuk memberikan pelayanan pelaksanaan tes untuk sekolah kedinasan maupun ujian penyesuaian ijasah dan penyesuaian pangkat.

Selain itu juga akan difungsikan sebagai Assesment Center serta pelayanan teknis terbatas untuk kepegawaian.

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas sambutan dari Pemprov Gorontalo, termasuk pinjam pakai gedung milik pemprov," ujarnya.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim juga membuka rapat koordinasi pengawasan dan pengendalian manajemen ASN, turut mengucapkan terima kasih kepada Kepala BKN yang melaksanakan rakor di Gorontalo.

"Sejak awal dibentuknya Provinsi Gorontalo, baru kali ini BKN melaksanaan rakor di Provinsi Gorontalo,"kata Idris.

Pelaksanaan rakor yang diikuti peserta dari Provinsi Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Gorontalo sebagai tuan rumah, menurut Idris, punya kesan tersendiri karena ketiga daerah ini memiliki ikatan dan historis.

"Ketiga daerah ini bersaudara, karena punya sejarah. Gorontalo adalah pemekaran dari Sulawesi Utara, sedangkan Maluku Utara memiliki nilai sejarah dengan Gorontalo. Jadi torang semua basudara," jelasnya.

Terkait pelaksanaan rakor pengawasan dan pengendalian manajemen ASN, Idris mengungkapkan, ASN merupakan motor penggerak yang menarik gerbong organisasi dan tata kerja pemerintahan dalam rangka pelaksanaan pembangunan, peningkatan kesejahteraan dan pelayanan kepada masyarakat.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016