Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo ingin mewujudkan statistik berkualitas untuk Indonesia maju, seiring momentum peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Selasa.

"HSN tahun ini mengangkat tema statistik berkualitas untuk Indonesia maju," ucap Kepala BPS Provinsi Gorontalo Mukhamad Mukhanif di Bone Bolango.

Tema tersebut kata dia, sebagaimana dalam amanat Sekretaris utama BPS RI, dipilih untuk menunjukkan pentingnya peran statistik dalam mewujudkan Indonesia maju menyongsong Indonesia emas 2045.

"Momen penting ini menjadi tumpuan kita untuk menjadi bangsa yang kuat dan memiliki peran penting di kancah internasional. Kita pun dapat menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia dan statistik", kata Mukhanif.

Peran BPS kata dia, dari tahun ke tahun semakin kuat, nyatanya dibuktikan dengan berbagai pencapaian yang telah diraih baik di tingkat Internasional maupun nasional. Sehingga melalui HSN menjadi momentum untuk meningkatkan literasi dan edukasi mengenai pentingnya statistik kepada masyarakat luas.

Mukhanif mengungkapkan hal itu patut disyukuri dan menjadi motivasi dalam bekerja dan memberikan yang terbaik untuk mewujudkan bangsa Indonesia maju.

HSN menurut dia, merupakan elemen penting dari sejarah panjang perjalanan statistik nasional, yang ditandai dengan terbitnya UU Nomor 7 Tahun 1960 tentang statistik yang sebelumnya diatur berdasarkan sistem perundang-undangan kolonial, dan sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh suka cita.

Untuk Provinsi Gorontalo apel peringatan HSN ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan Satyalancana Karya Satya tahun 2023 kepada pegawai BPS.

Mereka yang menerima antara lain Awaludin Kurusi dengan Satyalancana Karya Satya masa kerja 30 tahun, kemudian Puguh Rahardjo, Harim Imran, Dauhan Ahmad Imran, Hamran Suleman, Mohammad Ilyas Hemeto masing-masing mendapatkan Satyalancana Karya Satya masa kerja 20 tahun dan Eka Nurdianto Hendri Cahyo Dwi Safitri, Sity Magfira Oktavia untuk masa kerja 10 tahun.

Selain itu ada juga penghargaan yang diberikan kepada mitra kerja BPS Provinsi Gorontalo atas kontribusi dalam proses mewujudkan statistik berkualitas untuk Indonesia maju.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023