Tim catur Gorontalo dipastikan lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara pada 2024.

"Tentu saya ucapkan selamat dan sukses untuk tim catur Gorontalo yang berhasil lolos PON. Perjuangan selanjutnya akan lebih sulit, tapi saya percaya pasti menang," ucap Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya di Palu, Sabtu.

Tm catur Gorontalo dipastikan lolos ke PON 2024 setelah meraih poin mutlak pada pra PON dengan menundukkan tim Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tengah.

Atas hasil tersebut, Ismail mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemain, pelatih, ofisial serta KONI Gorontalo yang telah melakukan pembinaan. Ia berharap prestasi olahraga Gorontalo semakin baik meski dengan anggaran yang minim.

Namun demikian, langkah tim catur Gorontalo tidak diikuti tim futsal yang belum mampu meraih tiket ke PON 2024.

Meski memetik kemenangan besar 10-1 atas Sulawesi Utara pada pertandingan di Gelora Bumi Kaktus, Kota Palu, Sulawesi Tengah, namun hasil buruk di dua laga sebelumnya, kalah dari Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah, membuat tim Gorontalo gagal ke PON 2024.

Ismail pun tetap memberikan apresiasi atas kemenangan tersebut meski gagal ke PON. Ia menilai menang dan kalah ada hal yang biasa sepanjang dilakukan dengan nilai-nilai sportivitas.

"Saya senang futsal kami menang, namun memang belum lolos PON. Dari awal saya sudah sampaikan sepanjang kita bertanding secara sportif, kalah menang itu biasa. Tapi anak-anak ini perlu kita bina terus, sehingga bisa menjadi wakil-wakil Gorontalo ke depan," ujar Ismail.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023