Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bone Bolango menggelar Festival Literasi dan Inklusi (FeLsI) tahun 2023 di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Gorontalo.
 
Asisten III Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Setda Bone Bolango Marni Nisabu, Rabu mengatakan literasi tidak sekedar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditorial.
 
"Literasi merupakan keterampilan penting dalam hidup. Sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi," ucap dia.
 
Budaya literasi yang tertanam dalam diri peserta didik mempengaruhi tingkat keberhasilan nya, baik di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat.
 
Ia menjelaskan, pemerintah melalui Kementerian telah meluncurkan program Merdeka Belajar yang ke-23 dengan tema “Buku Bacaan Bermutu untuk Literasi Indonesia”.
 
"Program pemerintah ini sudah dijalankan sejak tahun 2022. Program ini merupakan terobosan yang bertujuan meningkatkan kompetensi literasi peserta didik," ujar Marni.
 
Buku kata Marni adalah jendela dunia, itulah peribahasa yang cocok untuk membuka cakrawala pengetahuan. Berbicara tentang literasi memang perlu adanya minat dan keinginan seseorang untuk menuju perubahan. Hal itu sebagai tolok ukur, literasi sangatlah penting dalam dunia pendidikan yang lebih berkualitas.
 
"Minat baca yang tinggi akan mendorong siswa belajar secara maksimal. Siswa juga lebih memaksimalkan belajar nya sesuai keinginan dan kemampuannya dengan minat baca yang tinggi," kata dia.
 
Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Andres Akaseh, menjelaskan Dikbud Bone Bolango berupaya untuk mengembangkan potensi prestasi guru dan peserta didik di berbagai lini secara optimal.
 
Ke depan diarahkan pada persiapan ekosistem pembangunan sumber daya manusia unggul. "Upaya ini dilaksanakan dengan cara mewadahi para guru dan siswa untuk mengaktualisasikan bakat kreatif mereka melalui kompetisi, lomba, dan festival," jelas Andres.
 
Andres mengungkapkan, Festival Literasi dan Inklusi adalah salah satu wadah pengembangan ajang talenta di bidang bahasa dan literasi. FeLSI diarahkan sebagai salah satu proses pembentukan karakter.
 
Menurutnya, FeLSI tidak hanya mengarahkan guru dan peserta didik untuk mahir berliterasi, tetapi dilatih pula untuk memiliki kepekaan afektif dan estetis untuk memperkuat rasa percaya diri.
 
Media literasi merupakan wahana bagi guru dan siswa untuk mencurahkan intuisi, estetika, serta pengembangan gagasan dan imajinasi estetis dengan tetap menjunjung tinggi budi pekerti dan etika.
 
Andres mengungkapkan FeLSI jenjang SD dan SMP tahun 2023 di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bone Bolango ini, menggelar lomba- lomba, di antaranya lomba karya tulis Bagi Kepala Sekolah dan Guru, lomba bercerita bagi siswa jenjang SD dan SMP, lomba membaca puisi bagi siswa Inklusi, dan lomba Memakai seragam bagi siswa SD Inklusi.
 
Selain itu, ada pameran literasi dengan menampilkan program literasi di seluruh satuan pendidikan yang ada di Bone Bolango yang diikuti oleh seluruh sekolah di 17 kecamatan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023