Sebanyak 250 mahasiswa jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Manado (Unima) melakukan studi banding ke sejumlah pelaku usaha di Provinsi Gorontalo, Kamis.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang dunia usaha yang berbasis produk pertanian. Para mahasiswa melakukan kunjungan ke tujuh Industri Kecil Menengah binaan Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo.

 Ketua Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Liharg Stevanus Lumapow di Gorontalo mengatakan IKM yang yang dikunjungi antara lain IKM Daffan Mandiri, Hasrat, TJ Huyula, Alhidayah, Rezki, Putri dan Dahlia.

"Kunjungan ini dimaksudkan agar lebih meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap dunia usaha dan dunia industri di Gorontalo," kata dia.

Pada kunjungan itu dilaksanakan perjanjian kerjasama antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Manado (Unima) dengan tujuh orang ketua IKM tersebut. 

Perjanjian tersebut mengatur pelaksanaan kerja sama program Praktik Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang berlaku untuk jangka waktu satu tahun terhitung sejak tanggal perjanjian disepakati.

Sebelum berkunjung ke IKM, para mahasiswa mengunjungi Brigade Alsintan Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo. Rombongan diterima Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo yang diwakili Kepala Bidang Hortikultura Momi Igirisa.

Di Brigade Alsintan rombongan melihat langsung bagaimana pengelolaan Alsintan dalam strategi kewirausahaan dan kompetensi kewirausahaan.

Momi Igirisa menjelaskan bahwa dalam pengelolaannya peralatan mesin pertanian dipinjam pakaikan secara gratis dengan waktu maksimal peminjaman satu musim tanam, persyaratan peminjaman sangat mudah, petani hanya cukup mengajukan permohonan peminjaman secara berkelompok dan atau perorangan.

"Rombongan dari Unima ini sebanyak 240 orang mahasiswa dan 15 orang dosen," ujar Momi Igirisa.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023