Sejumlah orang dari berbagai kalangan menggelar pameran persembahan untuk tokoh dan penggiat seni Gorontalo, Riden Baruadi, selama kurang lebih selama satu bulan ke depan.

Pameran digelar di Riden Baruadi Galeri Kelurahan Limba B, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo.

Koordinator pameran Riden Baruadi Galeri, Awaludin Ahmad, di Gorontalo, Jumat mengatakan gelaran pameran yang melibatkan puluhan kerabat, seniman, aktivis, hingga akademisi itu untuk memberikan penghormatan atas dedikasi Riden Baruadi terhadap perkembangan dunia seni di daerah itu semasa hidupnya.

"Pameran ini mengambil tajuk A Tribute to Riden Baruadi. Banyak karya yang ditampilkan, termasuk karya-karya terbaik hasil tangan almarhum Riden Baruadi," kata Awaludin.

Ia mengatakan pameran seni dan budaya yang disuguhkan dalam kegiatan yang berlangsung sejak 30 November hingga 30 Desember 2023 itu merupakan karya-karya terbaik dari orang-orang yang berkegiatan bersama dan mengenal Riden Baruadi.

Pameran terlaksana atas dukungan dan kerja sama para seniman dari berbagai kalangan di Gorontalo, khususnya yang mengenal dengan baik kiprah Riden sebelum menghembuskan nafas terakhir pada 22 Maret 2023.

Riden Baruadi dikenal sebagai fotografer dan pendiri Riden Baruadi Galeri. Ia membangun galeri tersebut untuk merangsang geliat pertumbuhan seni di Gorontalo.

Sejak 2015 hingga sekarang, Riden Baruadi Galeri secara aktif dan rutin menggelar pameran seni dan budaya yang menampilkan berbagai macam karya yang banyak dikenal orang, baik di wilayah Gorontalo, nasional, bahkan internasional.

"Denyut kegiatan di Riden Baruadi Galeri tidak boleh berhenti, ini menjadi amanat dari keluarga untuk teman-teman penggiat di galeri. Raga boleh tumpas, tapi ruh berkesenian warisan almarhum, tidak boleh terhempas," imbuhnya.

Pewarta: Susanti Sako/Zulkifli Polimengo

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023