Kepala Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Bone Bolango Iwan Mustapa mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango menjadikan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi agen digitalisasi di lingkungan masing-masing.

"Pemerintah Daerah terus melakukan akselerasi sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dalam upaya percepatan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah," ucap Iwan di Gorontalo, Rabu.

Iwan Mustapa mengungkapkan, dalam upaya percepatan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah di lingkungan ASN, pihaknya menjajaki peluang kolaborasi bersama Bank SulutGO selaku Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dalam upaya digitalisasi ASN.

"Insyaallah mulai bulan Januari, kami akan memastikan ASN Bone Bolango menjadi melek digital yang dimulai dari memiliki aplikasi BSGTouch dan BSGqris di handphone masing-masing," kata dia. 

Selanjutnya kata dia, Pemkab Bone Bolango akan melakukan edukasi tata cara pembayaran pajak daerah, retribusi daerah dan selanjutnya menyebarkan informasi ini kepada masyarakat di lingkungan sekitarnya.

Sekretaris Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Bone Bolango itu juga menjelaskan, ASN Bone Bolango Go Digital merupakan rekomendasi High Level Meeting (HLM) Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Kabupaten Bone Bolango Semester II 2023, dan rencananya akan dilakukan pemantapan kembali bersama pada semester I 2024.

"Program ini akan terus berkelanjutan, setelah sebelumnya kami meluncurkan program Digitalisasi to Kambungu Kabila Bone dan aplikasi Klik PAD. Harapannya masyarakat akan semakin mengetahui terkait ekosistem digital dalam transaksi di Kabupaten Bone Bolango baik terkait PAD, sektor usaha dan pasar, wisata dan sektor jasa lain," kata Iwan.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023