Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) berkolaborasi dengan Lanal Gorontalo Utara, menggelar kegiatan bersih-bersih pantai melibatkan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan 300 orang warga.

Kepala DKP Gorontalo Utara Faizal Piu di Gorontalo, Senin mengatakan kegiatan tersebut bertajuk Gorontalo Clean Seas (GoCS) yang merupakan program Sadar Peduli Peka Satgas Lanal Gorontalo Utara.

"Kami berkolaborasi dengan Lanal Gorontalo Utara dan unsur Forkopimda lainnya, menggelar kegiatan ini di Pantai Malagoso Desa Dumolodo Kecamatan Gentuma Raya," kata Faizal.

Pihaknya mengaku bersyukur mengingat kegiatan bersih pantai yang diusulkan pimpinan Satgas Lanal Gorontalo Utara Mayor Laut (S) Chiven C. Sondakh, dapat terealisasi.

"Beliau datang bersilaturahmi dan mengajak berkolaborasi membangun kerjasama di bidang kelautan dan perikanan. Alhamdulillah atas dukungan beliau, GoCS dapat terlaksana," kata Faizal.

DKP katanya, memang memprioritaskan kegiatan bersih pantai sebagai bagian dari konservasi khusus kawasan perairan di seluruh Indonesia termasuk yang ada di daerah itu.

Mengingat garis pantai mencapai 371 kilo meter, dengan 78 desa pesisir dari 123 desa di 11 kecamatan sehingga kata Faizal, menjaga kelestarian dan kebersihan wilayah pesisir tersebut menjadi sangat prioritas.

Menerapkan kebijakan penangkapan ikan secara terukur, pengembangan budidaya ikan, pengendalian pulau-pulau dan pesisir yang saat ini juga gencar dilaksanakan.

"Termasuk membersihkan sampah plastik di pantai. Mengingat pada musim angin tertentu, 52 pulau di daerah ini biasanya dipenuhi sampah plastik kiriman yang datang terbawa gelombang karena tiupan angin kencang," katanya.

Ia berharap kolaborasi program tersebut dapat mengurangi sampah plastik di wilayah pesisir tersebut.

"Saya yakin dengan ajakan dan kegiatan rutin bersih pantai, kita akan berhasil mengajak seluruh orang untuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi sampah plastik yang diharapkan berdampak pada lingkungan pesisir yang bersih dan sehat," katanya pula.

Kegiatan itu dihadiri Dansatgas Lanal Gorontalo Utara Mayor Laut (S) Chiven C. Sondakh, Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Grace Mangosa, Wakapolres Kompol Lesman Katili, Kasi Intel Kejari Eddie Soedrajat, Danramil Atinggola Lettu Inf Armin, personel Kodim 1314, Lanal dan Polres, Camat Gentuma Raya, para kepala desa, pelajar dan warga setempat.

Selain membersihkan pantai, kegiatan GoCs tersebut diwarnai dengan penanaman bibit pohon dan pemasangan bendera merah putih di perahu-perahu nelayan.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024