Tiga mahasiswa program magang jurnalistik Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo (FSB-UNG) mulai melaksanakan magang di Dinas Kominfo dan Statistik (Kominfotik) Provinsi Gorontalo, Rabu (7/2/2024). Mulainya magang ditandai dengan pengantaran mahasiswa oleh Koordinator Magang Dr. Herson Kadir dan diterima oleh fungsional Pranata Humas Ahli Muda Ismail Giu.

Di hari pertama masuk, tiga mahasiswa magang yakni Robbiyana Lasomba, Intan Rizkianti, dan Fikrin Ilolu  diajak untuk melihat kantor dan proses kerja di bidang Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik (PIKP). Mereka juga diperkenalkan dengan staf yang siang itu sedang berada di kantor. Bidang PIKP Kominfotik Pemprov Gorontalo diketahui mengurusi informasi publik pemerintah, di antaranya produksi konten dan pengelolaan radio Suara Rakyat Hulonthalo (Suara RH).

Salah satu mahasiswa magang Intan Rizkiyanti mengaku terkesan dengan sambutan Kominfotik di hari pertama. Ia antusias untuk bekerja memulai aktivitas magang program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) selama lebih kurang enam bulan ke depan. 

"Program magang ini memberikan kami wawasan yang berharga dan memperluas pandangan kami tentang peran media pemerinfah dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Saya berharap bisa segera beradaptasi dan siap menerima tugas yang diberikan,” Ungkap.

Sementara itu, Pejabat Fungsional Pranata Humas Ahli Muda Ismail Sam Giu menyambut baik kehadiran mahasiswa magang. Dia berharap mahasiswa bisa melihat, merasakan dan  belajar langsung apa dan bagaimana tugas tugas humas pemerintah.

"Selama ini kan adik adik hanya menerima materi, nah sekarang waktunya belajar langsung di lapangan. Ilmu yang sudah diperoleh di kampus diaplikasikan di dunia kerja, sebaliknya yang belum didapat di kampus bisa dipelajari dengan turun langsung di dunia kerja," tutur Ismail.

Ismail berharap mahasiswa magang bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja dengan cepat. Ia juga memotivasi mahasiswa untuk senantiasa belajar dari setiap penugasan dan pengalaman yang didapat selama berada di Kominfotik Pemprov Gorontalo.

Pewarta: Debby Mano

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024