Penjabat Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo Sila Botutihe mengimbau masyarakat di daerah itu untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak pada 14 Februari 2024.

"Saya keliling berkunjung di 11 wilayah kecamatan. Selain memastikan kondisi daerah aman dan kondusif, juga mengajak masyarakat khususnya para wajib pilih untuk menggunakan hak pilihnya pada hari pemungutan suara nanti," kata Sila di Gorontalo, Jumat.

Menurutnya imbauan tersebut harus terus disampaikan kepada warga agar menyiapkan waktu dan kesempatan di hari libur nasional tersebut untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) memberikan hak suaranya.

"Hak itu diberikan kepada kita hanya sekali dalam lima tahun. Saya selaku Kepala Daerah mengajak dan berharap masyarakat dapat menggunakannya dengan baik," katanya.

Ia pun meminta para camat dan kepala desa untuk dapat meneruskan imbauan tersebut kepada seluruh masyarakat hingga di pelosok.

Sila melakukan kunjungan 'roadshow' di Wilayah kecamatan, juga untuk bertatap muka langsung dan memberikan pembinaan kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) termasuk para kepala desa dan perangkat-nya.

"Mereka (aparat) didorong agar konsisten dan profesional bersikap netral dalam pemilu. Saya pun berharap seluruh ASN untuk dapat menahan diri dengan tidak berpolitik praktis," katanya.

Penjabat bupati perempuan pertama di Wilayah pesisir itu, juga melantik para linmas di setiap kecamatan.

"Seluruh linmas di 11 kecamatan telah saya lantik. Saya berharap semuanya dapat menjalankan tugas dengan baik, termasuk memastikan pelaksanaan pemilu dan tahapan pemungutan suara di 412 tempat pemungutan suara (TPS) benar-benar memberi ruang aman dan bahagia kepada para wajib pilih yang datang memberikan hak suaranya," kata Sila.

 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024