Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menegaskan perusahaan daerah air minum (PDAM) harus terus meningkatkan pelayanan kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

"Bagaimana kalau air tidak jalan, ini merupakan kebutuhan dasar manusia. Saya saja kalau airnya tidak jalan, saya langsung bertanya tanya," ucap Bupati Nelson usai memberikan pembinaan ke pegawai PDAM di Limboto, Senin.

Ia mengatakan, PDAM sebagai salah satu BUMD memiliki peran yang krusial di masyarakat. Sebagai lembaga strategis, maka manajemen PDAM harus terus diperbaiki di setiap waktu. Karena kebutuhan sarana dan prasarana air adalah hal yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Menurut Bupati, manajemen di PDAM Kabupaten Gorontalo harus dikelola dengan benar, transparan dan dikelola dengan baik agar berjalan maksimal oleh semua.

"Ya kita semua. Kalau ada yang tidak beres, maka kita yang harus bertanggung jawab," ucap Nelson Pomalingo.

Ia mengungkapkan, masih banyak masyarakat di daerah itu yang tidak mendapatkan air saat musim kemarau, musim hujan jika banjir sirkulasi air juga tidak mengalir.

"Ini yang menjadi masalah untuk kita selesaikan," ia menegaskan.

Solusi yang diberikan oleh Nelson yaitu membuat kerangka yang kuat tentang analisis manajemen PDAM. Hingga bagaimana sistem pengelolaan di tingkat bawah atau teknis di lapangan.

Bupati Nelson juga mengatakan pendapatan juga dimaksimalkan, agar sinkron dengan pendapatan tenaga kerja. Efisiensi juga berpengaruh pada kerja-kerja yang dalam PDAM.

"Karena ketika terjadi peningkatan pendapatan maka pendapatan insentif juga naik. Maka kata kuncinya adalah manajemen pendapatan keuangan di dalam dikelola dengan baik dan benar," ia menambahkan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024