Kapolresta Gorontalo Kota Kombes Pol Ade Permana meninjau Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Rabu.

TPS yang dikunjungi yaitu TPS khusus Lapas, TPS 6 Kelurahan Bulotadaa Timur, TPS 3 Kelurahan Dulomo Selatan, TPS 6, 7 Kelurahan Liluwo, TPS 1 Kelurahan Wumialo, TPS 3 Kelurahan Heledulaa Utara dan TPS 10 Kelurahan Padebuolo .

Kegiatan ini merupakan bentuk sinergisme dan kolaborasi antara TNI, Polri dan Pemerintah Daerah dalam mengawal kelancaran proses Pemilu yang aman, damai dan sejuk," ucap Ade Permana.

Ia menjelaskan, proses pemungutan suara merupakan tahapan penting pada penyelenggaraan Pemilu tahun 2024, sehingga kesiapan dari penyelenggara pemilu, sarana prasarana serta personil pengamanan akan sangat menunjang dalam kelancaran kegiatan.

"Hari ini kami jajaran Forkopimda Kota Gorontalo melaksanakan pengecekan di beberapa TPS yang berada di wilayah Kota Gorontalo, tujuannya tentu saja untuk menjaga dan mengawal proses pemungutan suara dapat berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan baik internal maupun eksternal," ujar Kapolresta

Ia mengungkapkan, jika pihaknya tetap berkomunikasi dan bekerja sama dalam pengamanan Pemilu 2024 dengan KPU dan pemangku kebijakan lainnya. 

"Dengan harapan pelaksanaan Pemilu di Kota Gorontalo dapat berjalan aman, damai, sejuk serta dihindari dari konflik yang dapat mengganggu situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kota Gorontalo," ucap Ade Permana.

Jumlah TPS di Kota Gorontalo yaitu 550 lokasi, sementara personel yang melaksanakan pengamanan  sebanyak 243 personel Polresta beserta 29 orang yang bertindak sebagai Perwira pengendali lapangan. 

Selain itu, terdapat tambahan personel bawah kendali operasi (BKO) dari Polda Gorontalo sebanyak 67 orang. 

Kapolresta menekankan kepada personel pengamanan TPS, untuk tidak menggunakan senjata api dalam melaksanakan pengamanan. Ia juga meminta kepada personel untuk melakukan kordinasi dengan RT, RW, Linmas maupun KPPS di tempat masing-masing.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024