Kepolisian Resor (Polres) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menjaga ketat pergeseran kotak suara hasil Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024 yang sementara berlangsung saat ini di daerah itu.

"Pergeseran kotak suara sementara berlangsung dari tempat pemungutan suara (TPS) ke Panitia Pemungutan Suara (PPS). Kami menyiagakan personel untuk mengoptimalkan pengamanannya," kata Kapolres Gorontalo Utara AKBP Andik Gunawan di Gorontalo, Kamis.

Ia mengatakan, pengamanan akan terus berlangsung hingga pergeseran kotak suara itu usai.

Termasuk tetap melakukan patroli keliling pada siang dan malam di seluruh objek vital yang ada, baik kantor KPU, Bawaslu maupun yang berkaitan dengan pelaksanaan pemilu lainnya.

AKBP Andik Gunawan mengatakan, hingga saat ini kondisi kamtibmas di Wilayah pesisir itu aman dan terkendali.

Patroli di Wilayah perbatasan juga dioptimalkan, termasuk memeriksa kendaraan yang melalui lintas Sulawesi untuk mencegah muatan ilegal seperti minuman keras.

Ia juga mengimbau agar masyarakat tetap tenang menunggu hasil penghitungan perolehan suara pemilu.

"Kita tunggu pengumuman resmi KPU. Jika sudah diumumkan saya mengimbau tidak ada euforia berlebihan. Kita syukuri pelaksanaan pemilu di daerah ini berlangsung damai dan sejuk," imbuhnya.

Ketua KPU Gorontalo Utara Sofyan Jakfar mengatakan, pihaknya mengapresiasi kinerja Polri dan TNI di daerah itu.

"Alhamdulillah seluruh tahapan pemilu berjalan dengan lancar dan aman. Saat ini kami sementara mengawal proses pergeseran kotak suara dari TPS ke PPS dengan pengamanan dari pihak Kepolisian, TNI dan pengawasan Bawaslu. Semoga tahapan selanjutnya yaitu rekapitulasi penghitungan perolehan suara pun berlangsung aman dan kondusif," katanya.***
Proses pergeseran kotak suara dari TPS ke PPS berlangsung di seluruh desa di Kabupaten Gorontalo Utara mendapat pengamanan ketat dari pihak Kepolisian, pada Kamis (15/2). (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024