Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo mendorong pemerintah daerah (pemda) setempat, untuk memberdayakan kontraktor lokal dalam program pembangunan di daerah tersebut.

"Pelaksanaan program dan kegiatan sepanjang Tahun Anggaran 2024 ini, pemda diharapkan menggandeng para kontraktor lokal sebab peran mereka dalam menumbuhkan perekonomian daerah juga sangat besar," kata Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara Roni Imran di Gorontalo, Selasa.

Menurutnya para kontraktor lokal pasti berbelanja di daerahnya sendiri. Mereka beli material pasti kepada pedagang lokal pula. Pekerjanya pun pasti didominasi tenaga kerja lokal.

Maka kemitraan pemda dengan kontraktor lokal pasti sangat menguntungkan perekonomian di daerah, karena lebih banyak uang berputar di daerah ini.

Ia meyakini kontraktor lokal telah banyak yang mampu memenuhi kualifikasi sebagai mitra, sehingga persyaratan yang wajib dipenuhi sebagai rekanan harus dapat dilakukan.

"Jika kontraktor lokal mampu bersaing secara administrasi, saya meyakini kualitas pekerjaan mereka tidak akan kalah bersaing pula. Sebab mereka membangun daerahnya, tidak mungkin hanya asal-asalan saja," kata Roni.

Ia mengimbau pemda mampu memberdayakan para kontraktor lokal dalam perannya turut bersama membangun daerah di berbagai sektor khususnya peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat sebagai tenaga kerja.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024