Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat perekonomian Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo pada tahun 2023 mengalami pertumbuhan sebesar 4,47 persen.

Kepala BPS Kabupaten Bone Bolango Suparno di Bone Bolango, Kamis mengatakan pertumbuhan ekonomi Bone Bolango didominasi oleh sektor pertanian.

"Saat ini pertumbuhan ekonomi di Bone Bolango, 35 persen masih didominasi oleh sektor pertanian dengan pertumbuhan 4,15 persen," ucap Suparno.

Ia menjelaskan, satu syarat untuk menjadi daerah maju harusnya bukan hanya berbasis pada pertanian, tapi sektor jasa, sektor industri juga harus dikembangkan. 

"Kita melihat ternyata sektor jasa maupun sektor industri di Kabupaten Bone Bolango itu peranannya masih sangat kecil," kata dia.

Asisten II Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Bone Bolango Basir Noho mengaku bersyukur berdasarkan rilis resmi statistik yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik yang menunjukkan bahwa kinerja makro daerah menunjukkan hasil yang baik, terutama pertumbuhan ekonomi.

"Alhamdulillah pertumbuhan ekonomi kita tumbuh sebesar 4,47 persen di tahun 2023 dibandingkan tahun 2022 sebesar 4,02 persen, dan ini dikontribusikan dan masih didominasi oleh sektor pertanian," kata dia.

Basir Noho mengungkapkan, data pertumbuhan ekonomi itu akan membantu pemerintah daerah dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah.

"Data ini tentunya akan membantu kita pemerintah daerah dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah berdasarkan hasil kinerja pemerintah daerah sampai tahun 2023," ucap Basir.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024