Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo Roni Sampir menyambut baik dan mengapresiasi program Badan Amil Zakat (Baznas) Masuk Sekolah di daerah tersebut.

"Program ini memiliki potensi besar untuk mendorong ekonomi sosial masyarakat, terutama meringankan biaya sekolah," ucap Roni Sampir di Gorontalo, Senin.

Ia menilai, kehadiran program Baznas di lingkungan sekolah memberikan kesempatan bagi siswa-siswi untuk memahami dan terlibat aktif dalam pengelolaan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) secara langsung.

"Program ini tidak hanya sekadar mengedukasi, tetapi juga memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk berperan aktif dalam pembangunan ekonomi sosial masyarakat," kata dia.

Roni Sampir menegaskan bahwa kolaborasi antara pemerintah dan berbagai pemangku kebijakan sangat penting dalam membangun daerah, seperti yang dilakukan melalui program Baznas.

"Program ini juga akan diarahkan untuk meningkatkan partisipasi ASN dalam memberikan zakat dan infak, dengan menggandeng Baznas dalam kegiatan seperti masuk puskesmas," kata dia.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Gorontalo Sukri Moonti menjelaskan bahwa, program Baznas Masuk Sekolah memberikan bantuan berupa fasilitas sekolah, paket bahan kebutuhan pokok untuk orang tua siswa, serta santunan bagi yang mengalami musibah kebakaran.

"Program ini berjalan rutin setiap bulan dan telah memberikan bantuan kepada sejumlah sekolah dan orang tua siswa," kata Sukri.

Sukri menekankan pentingnya pendidikan keagamaan sejak dini, dengan mengajak siswa untuk memberikan sisa uang jajan sebagai infak dan sedekah.

"Program ini diharapkan dapat membantu membangun ekonomi dan sosial masyarakat sejak usia dini," kata dia, lagi.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024