Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengapresiasi keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo dalam menerapkan pelayanan publik di daerah itu.

"Alhamdulillah Kemendagri RI mengapresiasi pelaksanaan pelayanan publik yang diterapkan pemerintah daerah kita. Ini merupakan kinerja bersama yang telah berhasil kita laksanakan dan patut disyukuri," kata Penjabat Bupati Gorontalo Utara Sila Botutihe di Gorontalo, Jumat.

Penilaian tersebut, kata dia, disampaikan melalui evaluasi progres pencapaian kinerja daerah dalam 10 sektor prioritas, termasuk pelayanan publik yang dijalankan.

"Tim Inspektur Jenderal Kemendagri menyatakan keberhasilan yang berhasil kita raih tersebut," kata dia.

Beberapa sektor yang mendapat apresiasi selain pelayanan publik, yakni layanan perizinan yang telah berbasis digital lokal melalui aplikasi "Si Cantik" yang diterapkan di bidang kesehatan dalam upaya menurunkan angka stunting.

"Si Cantik" akronim dari Sistem Informasi Cegah Stunting Kabupaten Gorontalo Utara.

Aplikasi ini diharapkan memberikan kemudahan kepada pemerintah daerah melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk memberikan intervensi yang tepat dalam menurunkan angka stunting.

"Saya berharap perbaikan dan peningkatan pelayanan publik di daerah ini akan berkelanjutan, di antaranya dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan dan menekan stunting di daerah ini," kata dia.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024